30+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Menjanjikan

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Sudah menjadi trend kalau ibu rumah tangga sekarang tidak hanya mengurus rumah tangga tapi sudah mulai melirik usaha sampingan ibu rumah tangga. Pejuang rupiah untuk keluarga yang rela berpanas-panasan untuk DO pesanan pelanggan.

Bunda juga bisa kok seperti mereka, dengan bermodalkan semangat dan mental yang kuat usaha apapun akan jadi mudah. Dengan menekuni sebuah usaha tentunya keuangan keluarga akan lebih kuat sehingga taraf hidupnya lebih meningkat.

Pertanyaannya, Usaha sampingan ibu rumah tangga apa yang paling cocok? Simak Artikel dari Bisnis6 berikut ini :

Usaha sampingan ibu rumah tangga

1.Usaha Toko kelontong

Bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan yang pertama ini sudah sangat populer namun peluangnya masih tetap bagus. Hal ini bisa terjadi karena barang yang dijual ditoko kelontong merupakan kebutuhan sehari-hari.

Untuk merintis usaha ini cukup mudah tinggal sediakan ruangan untuk toko lalu siapkan peralatan pendukung seperti etalase, rak, timbangan barulah belanja barang ketoko grosir sembako. Modal yang dibutuhkan mulai 5 juta.

2.Bisnis telur ayam

Telur ayam merupakan salah satu jenis sembako yang kebutuhannya cukup tinggi baik untuk konsumsi rumah tangga atau untuk usaha rumahan sehingga bisnis telur ayam ini selalu ada target konsumennya. Bagaimana cara mendapatkan pasokan telur ayam?

Bunda bisa menghubungi agen telur ayam terdekat atau lebih bagus lagi ke peternakan ayam langsung. Bunda bisa belanja 1 peti dengan berat bersih sekitar 14 kg. Tempat jualannya bisa di depan rumah atau secara kali lima.

3.Bisnis Bensin eceran

Jika rumah bunda didepan jalan utama, bisnis ini sangat cocok untuk dirintis. Jumlah pengguna kendaran bermotor yang semakin meningkat sehinga kebutuhan bensin (Pertalite/premium) masih cukup tinggi.

Sekarang ini tampilan outlet bensin semakin modern seperti POM bensin sehingga lebih menarik. Jika bunda ingin merintis usaha ini pastikan lokasinya dekat dengan POM bensin resmi agar mendapatkan harga yang terbaik. Usaha ini tidak harus berada di kota didesapun peluangnya tetap bagus sehingga bisa dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

4.Usaha makanan ringan

Budaya orang Indonesia yang suka ngemil membuat usaha makanan ringan peluangnya masih bagus. Usaha ini idenya sederhana, Bunda cukup membeli makanan ringan yang isinya banyak lalu diecer menjadi kemasan yang kecil-kecil atau kiloan.

Jenis makanan ringan yang beredar dipasaran contohnya keripik pisang, keripik singkong, keripik ubi, Kue stik, Kacang polong, kacang arab, kacang telur, gabus, bolu kering. Bunda tinggal pilih sesuai kebutuhan semakin banyak variannya tentu semakin menarik.

5.Usaha Toko plastik

Usaha minim resiko, ini sebutan yang pas untuk usaha yang satu ini. Namanya juga plastik tentunya awet meski disimpan lama tidak seperti makanan. Kebutuhan plastik ini masih tetap tinggi meski ada anjuran untuk mengurangi pemakaian plastik.

Barang-barang yang biasa dijual ditoko plastik diantaranya plastik kresek, plastik PE, gelas, stereo  foam, mika, dus kue, kertas nasi, seal cup, tali rafia, sedotan.

6.Usaha LPG 3 Kg rumahan

Ide usaha rumahan ini hanya bermodalkan beberapa tabung gas LPG 3 kg sehingga modalnya tidak terlalu besar. Target konsumennya tetangga atau penjual makanan keliling. Gas LPG 3 kg merupakan kebutuhan sehari-hari sehingga untung dipakai sendiri dan untung juga dijual.

Untuk merintis usaha ini bunda perlu membeli beberapa tabung gas LPG dan isinya dipangkalan gas atau agen gas resmi nantinya kalau habis cukup beli isinya saja. Karena gas ini kebutuhan pokok, cepat atau lambat pembeli akan datang apalagi bagi penjual makanan kebutuhannya tinggi.

7.Agen minuman kemasan

Minuman kemasan sering dijadikan barang dagangan untuk warung kelontong atau warung yang menyediakan minuman dingin. Harganya yang murah dan dijual dalam kondisi dingin membuat minuman kemasan cukup digemari konsumen.

Agar bisa menjual secara grosir bunda perlu belanja ke distributor contohnya Mayora, Wings Food, Sosro. Kalau memang belum ada channelnya bisa belanja keagen besar dulu sambil nyari salesnya.

8.Jualan Martabak mini

Nah usaha rumahan yang satu ini patut bunda coba nih karena tentunya sudah terbiasa membuat kue didapur. Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta ini masih cukup cerah, namanya juga camilan apalagi manis tentunya banyak yang suka.

Asyiknya lagi kalau bunda memasarkannya secara online atau dititipkan, modalnya akan semakin kecil karena hanya butuh cetakan martabak yang harganya mulai dari 50 ribuan sedangkan peralatan lain sudah ada didapur.

9.Grosir jajanan anak

Warung-warung kelontong biasanya menjual jajanan anak yang harganya mulai 500 rupiah. Karena harganya yang murah jajanan ini tetap digemari anak-anak apalagi jenisnya banyak contohnya permen, biskuit, snack kering, wafer.

Warung-warung ini biasanya belanja ketoko grosir baik yang khusus untuk jajanan anak ataupun yang campur dengan sembako. Bunda cukup belanja secara grosir misalnya 1 dus kemudian di jual lagi per pak. Distributor besar yang memproduksi jajanan anak contohnya Garuda food, wings food, Mayora, 2 kelinci, Indomarco.

10. Usaha Nasi uduk

Kalau usaha rumahan yang satu ini bunda tentu bisa. Nasi uduk tetap ada peminatnya khususnya untuk sarapan dipagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah. Bunda bisa menjajakan dagangannya didepan rumah.

Harga dan rasa menjadi kunci sukses usaha ini, kalau enak apalagi murah akan semakin dicari pembeli. Umumnya nasi uduk berisi nasi, sambal goreng tempe dan bihun. Kalau bunda mau tambahkan jengkol, kentang atau tahu sehingga semakin menggugah selera.

11.Bisnis pulsa

Meski bisnis ini sudah lama ada namun peluangnya tetap bagus seiring dengan jumlah pengguna ponsel yang semakin banyak. Apalagi sekarang ini akses internet semakin mudah sehingga kebutuhan paket data semakin tinggi.

Berbisnis pulsa itu mudah cukup daftarkan nomor HP kedistributor pulsa terdekat atau secara online lalu deposit sesuai kebutuhan. Bunda siap berjualan pulsa, paket data, token PLN atau top up e-wallet.

Baca juga : Panduan Bisnis Pulsa Di era Digital untuk Pemula

12.Usaha tahu crispy

Usaha ini masih tren sehingga peluangnya juga masih cerah apalagi yang namanya gorengan banyak peminatnya. Buat kaum hawa urusan goreng menggoreng tentu sudah hal biasa sehingga tak akan menemui kendala.

Usaha ini butuh tempat yang strategis agar tahunya cepat habis kalau tidak nantinya rasanya kurang nikmat. Tempat tidak harus di toko bisa juga secara kaki lima.

13.Usaha jajanan pasar sistem titip

Jika bunda memiliki tempat yang strategis bunda bisa mencoba usaha jajanan pasar tapi tidak perlu membua sendiri. Bunda cukup menghubungi pembuat kue rumahan untuk menitipkan kuenya dimana sistemnya bayar yang laku saja.

Keuntungnannya bisanya berkisar 20% tapi kalau jumlah lakunya banyak hasilnya juga lumyan dan kelebihbny alinya bunda tidak menanngung resiko jika tidak habis. Bunda hanya bermodalkan meja besar untuk memajang jajanan dan kresek.

14.Usaha sosis dan Nuget

Makanan isntan cukup digemari karena penyajiannya tidak ribet cocok untuk ibu rumah tangga yang sibuk. Sosis dan nuget sering dijadikan santapan sehari-ari yang lezat yang harganya terjangkau.

Bunda tinggal mencari pemasok sosis dan nugetnya namun pastikan bunda sudah punya frizer untuk menyimpan sosis dan nugetnya. Karena produknya tahan lama tentu resikonya juga jadi minim cocok untuk usaha sampingan ibu rumah tangga.

15.Usaha Mie Ayam Online

Mie ayam cukup populer di Indonesia dan cocok sekali untuk pengganti nasi. Bunda bisa mencoba usaha mie ayam secara online karena lebih kecil modalnya dibandingkan secara offline. Peralatannya juga tidak harus mirip seperti tukang mie ayam mangkal, yang penting punya panci untuk merebus mienya.

Sebelum menawarkan mie ayam secara online rancang dulu harganya, Mau murah atau standar. Kalau ingin cepat laku bisa pilih yang harganya murah tentu takaran dan rasanya beda dengan yang harga sdandar. Kalau memilih harga standar bunda perlu memberikan sesuatu yang berbeda.

16.Usaha Ayam Geprek online

Usaha yang satu ini juga cocok untuk ibu rumah tangga karena sudah terbiasa memasak masakan berbahan ayam. Kelebihan dari usaha ini ada pada kemudahan mendapatkan bahan baku daging ayam bahkan ada yang potong ditempat sehingga kualitasnya terjamin.

Daya tarik dari usaha ini ada pada kekuatan rasa terutama dari sambalnya, penyajian ayamnya mungkin sama tapi rasa sambal masing-masing penjual berbeda. Bunda bisa mencoba racikan sambal terbaik sehingga rasanya khas.

17.Usaha sosis bakar

Sosis itu selain jadi santapan sehari-hari bisa juga untuk camilan contohnya sosis bakar yang cukup diminati anak-anak atau anak muda. Merintis usaha sosis bakar merupakan pilihan tepat untuk bunda karena modalnya kecil dan peralatannya sederhana cukup kompor gas khusus untuk membakar.

Tempat mangkalnya bisa dari rumah atau didepan gang permuahan yang ramai atau bagus lagi yang banyak anak-anaknya.

18.Usaha Minuman kekinian

Saat ini Usaha minuman kekinian sedang tren dengan menu yang bermacam-macam mulai dari Kopi susu cincau, Kopi susu gula aren, Es boba, Matcha Milk Kopi hingga Dalgona coffee. Keunikan penyajian bisa menjadi daya tarik bagi konsumen dan jangan lupa tampilan/desain booth juga ikut berperan.

Kemasan juga perlau diperhatikan, sebaiknya gunakan Mesin cup sealer dan gelasnya ada nama brandnya sehingga terlihat keren bukan gelas polos. Jika yang dijual minuman kopi pertimbangkan untuk menggunakan kemasan botol plastik.

19.Usaha teh poci

Dengan nama besar teh poci membuat rasanya tak perlu diragukan lagi sehingga cocok pula dijadikan usaha yaitu minuman gelas teh poci. Usaha ini tak ribet, cukup seduh teh poci lalu setelah dingin diberi es batu lalu kemas dalam gelas yang tutupnya dipress.

Untuk merintis usaha ini bunda perlu membeli alat press gelas plastik, gelas plastik dan seal nya sedangkan bahan bakunya menggunakan teh poci dan gula pasir.

20.Usaha warung kopi

Meski jualannya kopi tapi penikmat kopi itu cukup banyak apalagi buat pekerja berat, kopi bisa menjadi minuman rutin tiap hari bahkan bisa lebih dari satu kali sehingga usaha warung kopi ini masih cerah. Bunda perlu menyediakan kios khusus untuk warung kopi.

Bahan baku kopi bisa bunda dapatkan di toko grosir silahkan pilih berbagai jenis kopi seperti kopi hitam, kopi susu atau kopi jahe. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu kompor, teko dan gelas. Sediakan juga camilan untuk teman minum kopi.

21.Usaha donat

Usaha yang satu ini sudah lama ada namun peluangnya masih bagus karena camilan yang satu ini cocok untuk ngemil. Pembuatannya yang mudah serta bahan baku yang mudah didapat membuat usaha ini layak untuk bunda coba.

Pemasaran yang paling mudah dengan cara dititipkan ke penjual jajanan pasar setiap pagi hari atau bisa juga dijual secara online. Toping bisa menjadi daya tarik bagi pembeli untuk itu usahakan topingnya bervariasi.

22.Usaha jeruk peras

Usaha ini sedang trend dan mungkin akan bertahan lama karena minuman jeruk ini bagus untuk kesehatan karena menganndung vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Bunda hanya perlu menyediakn booth, peralatan untuk memeras lalu bahan baku.

Peran lokasi mangkal sangat berperan untuk kesuksesan bisnis ini untuk itu usahakan mencari lokasi yang strategis atau kalau memang tidak memungkinkan bisa jualan secara online.

23.Jasa Les Baca Tulis

Usaha yang satu ini peluangnya cukup bagus karena kemampuan baca dan tulis cukup dibutuhkan untuk usia anak sekolah terutama yang akan masuk jenjang sekolah dasar. Tak jarang meski sudah sekolah PAUD tapi tak kunjung lancar membaca.

Solusi murah biasanya orang tua memilih les baca tulis untuk anaknya. Jika bunda punya kemampuan dalam bidang pendidikan cocok sekali membuka usaha jasa les baca tulis untuk anak-anak. Bunda bisa memanfaatkan ruang dalam rumah untuk tempat lesnya.

24.Kursus memasak online

Bunda punya keahlian memasak? Kenapa tidak mencoba membuka kursus atau kelas memasak online. Peluang penghasilannya cukup bagus dan asyiknya lagi tidak perlu menyediakan tempat khusus seperti kursus offline.

Sebelum menawarkan kursus sebaiknya bangun dulu personal branding melalui media sosial dengan membuat grup masakan atau bisa juga melalui youtube.

25.Blogger

Usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal ini meski kelihatannya senyap atau jarang publikasi tapi sebenarnya hasilnya cukup menjanjikan.

Tak terhitung ibu rumah tangga yang menjadi seorang blogger terbukti banyak bermunculan komunitas blogger perempuan sebut saja Komunitas blogger perempuan, KEB kumpulan emak blogger, Blogger perempuan, Indonesian female blogger atau Mom Blogger community. Contoh blogger perempuan yang sukses sebut saja Roro Gusdo, Diana rikasari, Andra Alodita atau Evita nuh

Bunda perlu mencoba profesi ini dan syaratnya bunda harus bisa menulis. Keahlian menulis ini bisa diasah kok jadi jangan berkecil hati jika saat ini belum lancar menulis. Buatlah blog pertama lalu terbitkan tulisan pertama bunda, lama kelamaan tulisan bunda akan semakin bagus sehingga nantinya dari blog bisa menghasilkan uang, bisa dari review, iklan atau konten placement.

26.Vlogger

Bunda tentunya punya ponsel berkamera, kenapa tidak bunda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Salah satunya dengan menjadi seorang vlogger atau kreator video youtube. Banyak vlogger perempuan yang sukses mendulang rupiah dari youtube contohnya Gita savitri devi, Ria ricis, Najwa shihab.

Meski bukan artis atau publik figur peluang sukses tetap terbuka lebar contohnya Marta suherman dengan chanel bertema fotografi atau Mama Naurah dengan tema resep masakan atau Devina hermawan yang subscribernya tembus 1.26 juta.

Dengan bermodalkan ponsel saja bunda bisa kok menjadi vlogger, asalkan kreatif video bunda akan banyak yang menonton, Penghasilan vlogger bersumber dari iklan adsense atau endorse.

27.Influencer

Punya akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, snack video atau Tik tok yang followernya banyak bisa bunda manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan menjadi influencer. Nantinya bunda hanya mengikuti brief yang diminta advertiser misalnya membuat video, nantinya setelah tugas selesai akan mendapatkan bayaran.

Permintaan adveriser ini bermacam-macam ada yang butuh akun instagram, Tik tok, blogger, Vlooger. Permintaaannya juga berbeda-beda ada yang membuat video, menonton webminar, menulsi artikel, download aplikasi, foto selfie, SOW IG photo.

28.Penulis artikel

Keahlian menulis khususnya artikel untuk website bisa menjadi sumber penghasilan. Kebutuhan artikel ini terus meningkat seiring dengan banyaknya pelaku bisnis online. Bunda bisa mencoba menjadi seorang penulis artikel profesional.

Jika saat ini bunda sudah terbiasa mengelola blog apalagi tulisannya berkualitas dan sering masuk ke halaman pertama Google maka harga tulisannya akan semakin mahal. Rating harga artikel mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu untuk artikel 500 kata.

29.Customer service toko online

Pesatnya perkembangan toko online membuat kebutuhan akan customer service toko online semakin tinggi. Kebanyakan pemilik toko online memilih perempuan karena dinilai lebih sabar dan lebih komunikatif.

Tugas customer service ini biasanya menjawab pertanyaan konsumen, order atau keluhan konsumen. Beberapa pemilik toko online ada yang memberikan bonus jika berhasil membujuk konsumen untuk membeli.

30.Dropshipper

Buat bunda yang suka jualan bisa mencoba bisnis dropship yang memungkinkan bunda bisa menjual barang tanpa harus memiliki stok. Bunda cukup mencari suplier terpercaya yang memang menyediakan sistem dropship.

Tugas bunda hanya mencari pembeli dengan berbagai macam cara misalnya melalui media sosial atau melalui website. Nantinya jika ada yang beli bunda tinggal meneruskan ke suplier.

31.Affliate

Share link dapat penghasilan itulah bisnis affiliasi namun tentu tidak sekedar share saja tapi harus menghasilkan penjualan. Itulah tugas utama seorang affiliate. Banyak produk yang bisa ditawarkan mulai dari yang komisinya kecil hingga besar, ada yang produk fisik ada yang digital.

Bunda tinggal mencari perusahaan atau seller yang memiliki sistem affiliasi sebagai contoh Blibli, Lazada atau Shopee lalu daftar sebagai affiliate.

Pentutup

Ternyata cukup banyak usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa bunda pilih. Dengan adanya tulisan ini semoga saja bunda tidak bingung lagi memilih usaha sampingan. Selamat Mencoba!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *