Pemasaran digital, Pengertian, Strategi dan Contohnya

Pemasaran digital

Pemasaran digital atau digital marketing perannya cukup penting diera teknologi informasi yang semakin maju dan akses internet harganya terjangkau. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh layanan manajemen konten Hootsuite menyebutkan pada permulaan tahun 2021 pengguna internet di Indonesia menembus angka 202,6 juta jiwa.

Angka ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Fakta ini tentu menjadi kabar baik karena pemasaran digital memiliki prospek yang cukup cerah. Bayangkan jika promosi sebuah produk bisa dilihat oleh jutaan pengguna internet. Peluang terjadinya transaksi akan semakin besar.

Bagi Anda yang belum memahami pemasaran digital, informasi berikut ini bisa membantu Anda memahami apa itu pemasaran digital, konsep serta strateginya.

Pengertian Digital Marketing

Menurut Ridwan Sanjaya & Joshua Tarigan, digital marketing adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, email, Adwords ataupun  jejaring sosial.

Aktifitas digital marketing terdiri dari 4 jenis bentuk tampilan ada yang bebentuk Audio, video, gambar dan teks. Semua media itu tujuannya sama yaitu penjualan.

Dari penjelasan ini mungkin anda akan berpikir berarti selama ini saya sudah melakukan digital marketing tanpa anda sadari. Bisa jadi demikian karena digital marketing hanyalah sebuah istilah dan mungkin tidak familar dimasyarakat bawah.

Saya sendiri sebenarnya sudah mulai belajar digital marketing sejak tahun 2011 namun saya lebih fokus ke blog (web blog) dan sosial media marketing.

Contoh Digital Marketing

1.Jualan di facebook, grup, profil, page

2.Jualan di Instagram

3.Jualan di situs marketplace

4.Jualan di landing page

5.Jualan di web toko online

6.Ads Marketing (Facebook Ads/Google Ads)

7.Affiliasi

Strategi Digital Marketing

strategi pemasaran era digital selalu memanfaatkan strategi pemasaran modern dengan memaksimalkan fasilitas digital online dan internet. Digital marketing ini mudah dalam penyebutannya namun sebenarnya  prosesnya cukup rumit dan butuh konsistensi dan kesungguhan.

Beberapa strategi digital marketing yang sudah umum dilakukan oleh digital marketer atau pelaku digital marketing:

1.Membuat website

Saat ini internet menjadi sarana untuk mencari informasi salah satunya melalui website. Ketika pengguna internet butuh informasi maka akan mengetikkan kata kunci tertentu dimesin pencari Google kemudian muncullah deretan URL website yang akan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Selain menjaring pengunjung yang ingin mencari informasi berita mesin pencari juga menjaring pengguna internet yang ingin membeli produk. Semakin ramai sebuah website maka bepeluang mendapatkan penghasilan misalkan melalui iklan atau menjual barang.

Itulah mengapa hingga saat ini website masih digunakan pemasar untuk mempromosikan produk atau mengumpulkan pengunjung.

Membuat website itu tidaklah sulit bahkan ada yang gratisan hanya saja bagi pemula mungkin angka kesulitan namun banyak tutorial yang bertebaran di internet. Saya dulu bisa membuat website dengan cara belajar otodidak melalui Google.

Jika memang tidak mau ribet bisa memanfaatkan jasa pembuatan website dengan tarif yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

Baca Juga : Manfaat Blog untuk Kamu yang Ingin Berbisnis

2.Membangun branding

Branding ini sangat penting dalam pemasaran digital karena menyangkut kepercayaan publik sebagai contoh Anda akan membeli produk secara online tentunya kalau ada yang mereferensikan website Tokopedia saya yakin Anda percaya dan merasa aman belanja disana.

Kepercayaan publik ini bisa diraih dengan gencarnya promosi di internet sehingga branding belanja aman melekat diwebsite tersebut.

Bagaimana kalau bukan perusahaan? Membangun branding bisa dilakukan dengan membuat blog pribadi dengan topik tertentu menyesuaikan dengan target konsumen atau bisa juga melalui media sosial.

Buatlah konten yang menarik secara konisten sehingga mendatangkan banyak pengunjung atau banyak interaksinya. Jika netizen sudah mengenal siapa Anda, keahliannya apa, apa pekerjaannya atau tinggalnya dimana tentu jika suatu saat menawarkan produk atau jasa, mereka akan percaya.

3.Sosial Media Marketing

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twiter cukup ampuh untuk dijadikan media pemasaran digital kenapa demikian? Karena menurut catatan pengguna internet di Indonesia ternyata Facebook menjadi peringkat pertama yang paling banyak dikunjungi disusul Instagram dan youtube.

Facebook Marketing merupakan salah satu jenis pemasaran digital yang sering digunakan pada masa kini. Aktiflah di media sosial dan publikasikan bisnis Anda dan tumbuhkan kepercayaan publik dengan cara mengarahkan ke website bisnis Anda.

Buatlah konten yang menarik dan menginspirasi sehingga pengguna media sosial memberikan like, komentar dan membagikan postingan. Sapa target konsumen dengan inbox, like atau komentar.

Manfaatkan akun pribadi (Profile) untuk mencari target market hingga mencapai 5000 pertemanan dengan komposisi 20% teman, Mastah 30% dam 50% calon pembeli.

4.Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran dengan merencanakan, membuat serta mendistribusikan konten yang bermanfaat dan relevan serta konsisten untuk menarik target konsumen. Menurut survey, 65 % konsumen membeli produk setelah mencari informasi di Google.

Manfaat dari Content marketing :

1.Meningkatkan kesadaran merek (Brand Awareness)

2.Membangun interaksi dengan target konsumen

3.Menghemat biaya pemasaran

4.Meningkatkan konversi penjualan.

Rumus dasarnya, produk merupakan solusi permasalahan yang dialami publik sedangkan konten marketing medistribusikan solusi. Nantinya konten ini bisa dipublikasikan ke website atau status dimedia sosial.

Dalam Content marketing terdapat tehnik membuat konten pemasaran dengan tujuan membujuk target konsumen untuk melakukan tindakan sesuai dengan tujuan konten yang dinamakan copywriting. Manfaat dari Copywriting ini diantaranya menarik perhatian, meyakinkan dan mempengaruhi target konsumen.

5.Email Marketing

Email bisa menjadi media yang tepat untuk mendistribusikan content marketing karena masyarakat dizaman ini sebagian besar memiliki sebuah email apalagi jika memiliki HP Android. Meski masyarakat rutinitas membuka email masih kalah dengan membuka media sosial namun email ini masih dibutuhkan keberadaannya.

Email ini memiliki kelebihan bisa mengirimkan konten yang berupa teks, gambar, suara maupun video sekaligus secara gratis meski harus menggunakan internet. Dengan mengumpulkan data email tentunya akan semakin mudah mengirimkan konten marketing secara teratur dan terjadwal.

Data email ini tentu harus didapatkan secara legal atau mendapatkan persetujuan pemilik email untuk mengirimkan konten marketing. Cara yang sering dilakukan untuk menjaring data email ini adalah melalui pemberian produk gratis seperti ebook.

6.Video Marketing

Saat ini Youtube menjadi situs sharing video yang terpopuler di dunia termasuk Indonesia. Semakin mudahnya masyarakat mengakses internet dengan biaya yang terjangkau membuat youtube menjadi tontonan yang paling sering di tonton.

Video Youtube bisa dijadikan sebagai media pemasaran digital dengan cara mengunggah video ke youtube. Isi videonya bisa berupa direct selling atau soft selling. Untuk menjaring target konsumen sebanyak-banyaknya akan lebih efektif jika menggunakan cara soft selling misalnya video berisi tips atau share pengalaman atau testimoni.

Agar bisa mengunggah sebuah video terlebih dahulu harus membuat channel youtube secara gratis dan mudah dengan hanya bermodalkan akun gmail.

Diakhir video bisa diisi Call to Action atau kalimat yang berisi ajakan agar konsumen mau melakukan tindakan misalnya, Hubungi No HP atau link website. Call to Action ini bisa juga dituliskan di deskripsi video.

7.SEO (Search Engine Optimization)

SEO menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pemasaran digital. Sebuah konten marketing sulit mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google jika dibuat asal-asalan. Tujuan akhir dari SEO ini agar webiste bisa tampil dihalaman depan Google.

Kelebihan strategi pemasaran digital menggunakan SEO ada pada biayanya yang lebih murah dibandingkan dengan SEM (Search engine marketing) dan mendapatkan trafik gratis dari google. Kekurangannya butuh proses yang panjang dan pada kata kunci tertentu persaingannya cukup berat.

SEO memiliki beberapa proses :

1.Riset Kata kunci misalnya jasa percetakan Bekasi, Jasa kanopi Jakarta, Susu Kambing Etawa, Obat Jerawat.

2.Optimasi On Page meliputi membuat konten yang EAT-able, unik dan berkualitas tinggi, Meta Tiitle, Meta Deskripsi, permalink, internal linking, heading structure, Mobile f riendly, Fast Loading, kerapatan kata kunci.

3.Optimasi off page (Backlink)

4.Analisis (SEO Audit), tujuannya menganalisa hasil dan mana yang perlu perbaikan.

8.App Development

Sistem operasi Android memungkinkan developer (Brand)menampilkan aplikasi di play store sehingga bisa di instal pengguna. Meskipun pemasaran digital bisa menggunakan website namun dengan aplikasi akan memudahkan pengguna mengakses sebuah layanan atau produk.

Brand-brand besar rata-rata sudah memiliki aplikasi sendiri contohnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli dan lazada.

Mengingat pengguna smartphone cukup banyak maka pemasaran digital melalui aplikasi andorid prospeknya cukup bagus.

Penutup:

Pemasaran digital merupakan kegiatan marketing yang memanfaatkan internet untuk menjangkau konsumen dan tujuan akhirnya meningkatkan konversi penjualan.