Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang

Membuat channel youtube

Dari video youtube bisa dapat transferan $500, ini betul-betul nyata. Hal ini bisa terjadi setelah saya membuat channel youtube pada tahun 2017 lalu. Awalnya memang belum bisa menghasilkan uang. Barulah pada Januari 2019, saya bisa mendapatkan penghasilan pertama saya dari Youtube sebesar Rp.1.350.000.

Ini menjadi sebuah motivasi bagi saya untuk lebih serius membuat video dan mengunggahnya ke youtube. Seiring berjalannya waktu akhirnya saya bisa memiliki 3 channel Youtube yang sudah menghasilkan uang.

Mencari penghasilan dari Youtube bisa menjadi solusi mudah mendapatkan uang tanpa modal dan bisa dilakukan dari rumah dan siapa pun bisa. Contohnya saya yang hanya seorang penjual martabak manis tapi bisa karena memang mudah membuat video ditambah lagi hampir semua orang sudah memiliki smartphone dengan spek kamera yang bagus.

Sayangnya agar channel youtube bisa menghasilkan uang harus memenuhi syarat yang lumayan berat untuk pemula yaitu channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam periode 1 tahun dan lolos review.

Saya sendiri pada channel pertama butuh waktu sekitar setahun, namun dengan bertambahnya pengalaman seputar youtube pada channel ketiga saya hanya butuh waktu kurang dari 2 bulan. Nah pengalaman inilah yang akan saya bagikan pada artikel kali ini.

Buat Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat channel youtube yang cepat menghasilkan uang informasi berikut ini patut Anda simak.

Cara Membuat Channel Youtube yang Cepat Menghasilkan Uang

1.Buat channel setopik

Buat channel yang topiknya khusus bukan campur aduk agar lebih mudah mendapatkan subscriber tertarget contoh channel Gadgetin yang membahas Smartphone atau Laptop. Sesuaikan dengan bakat dan minat agar nantinya lebih mudah membuat video. Lebih bagus lagi kalau berdasarkan keahlian misal ahli komputer channelnya membahas merakit komputer atau ahli reparasi kompor gas membahas perbaikan kompor gas dan lain-lain.

Lebih bagus lagi kalau sebelum memutuskan nama channel dan topiknya Anda riset terlebih dahulu kata kuncinya. Kalau memang kata kunci target banyak pencariannya baru pilih sebagai nama channel dan topik video nantinya. Contoh kata kunci yang pencariannya tinggi : Mancing ikan, Burung Lovebird, Jajanan Pasar.

Gunakan kata kunci tersebut untuk nama channel dan judul video.

Baca Juga : Penghasilan Adsense Youtube Masih Menjanjikan

2.Buat video utama/pilar

Buatlah sebuah video yang bisa mendatangkan banyak pengunjung dan subscriber sehingga cepat memenuhi syarat monetisasi 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Jenis video yang paling potensial adalah jenis tutorial. Misalnya jika topiknya masakan videonya isinya resep masakan contoh lain misalnya topiknya komputer bisa membuat tutorial mengatasi komputer mati sendiri.

Buat video dengan durasi yang panjang sekitar 10 menit- 15 menit. Jika video ini berhasil direkomendasikan youtube dipencariannya maka cukup dengan 50.000 tayangan saja sudah bisa tembus 4000 jam tayang dengan1 video.

Perlu kejelian dalam membuat video pilar ini dan yang paling efektif adalah dengan riset kata kunci dengan tools SEO. Sebagai contoh saya menggunakan tools SEO keyword everywhere. Dengan riset ini Anda akan lebih mudah kata kunci apa yang sering dicari pengunjung internet.

Bagaimana kalau tidak riset terlebih dahulu? Untung-untungan. Bisa saja banyak pengunjungnya begitu sebaliknya.

3.Buat Video Pendukung

Meskipun dengan 1 video saja bisa mendatangkan pengunjung yang banyak sehingga bisa memenuhi syarat monetisasi namun kalau 1 channel isinya cuma 1 video rasanya cukup sulit karena mesin youtube akan menilai channel tersebut kurang aktif sehingga peluang mendapatkan rekomendasi dari youtube cukup berat.

Itulah mengapa perlu mengunggah video pendukung atau yang berhubungan dengan kata kunci utama semakin banyak tentu semakin bagus namun dengan 5 video saja bisa menembus syarat 4000 jam. Meksi sudah tembus 4000 jam tapi kalau subscribenya belum 1000 tetap harus mencari subscribe sehingga diperlukan video-video lain untuk menarik minta penonton untuk subscribe.

4.Rajin promosi

Mendaptakan jam tayang mungkin bisa diraih dengan 1 video namun untuk subscribe perlu jumlah penayangan yang tinggi, dari pengalaman saya 100 ribu penayangan bisa mendapatkan 1000 subscriber.

Jika memang jumlah subscriber agak lambat tembusnya maka perlu rajin promosi channel melalui media sosial atau blog. Sering-seringlah berinteraksi digrup yang sesuai dengan topik channel sambil membagikan URL channel.

5.Daftarkan ke YPP

Jika channel sudah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, langkah penting selanjutnya adalah mendaftarkan channel ke YPP (Youtube Partner Program). Caranya gampang tinggal buka creator studio lalu pada bagian monetisasi klik Daftar. Pada tahap ini Anda akan diarahkan ke akun Adsense, jika belum maka harus membuat terlebih dahulu.

Setelah channel di daftarkan maka tinggal menunggu review dari youtube. Berdasarkan pengalaman saya tidak butuh waktu lama untuk mengetahui hasilnya, cuma  sehari.

Dengan cara diatas, saya cuma butuh waktu kurang dari 2 bulan untuk bisa menghasilkan uang dari sebuah channel baru. Bisa jadi ini sebuah kebetulan namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Demikianlah informasi seputar cara membuat Channel Youtube Cepat menghasilkan uang, Selamat Mencoba!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *