Kreasi Martabak Manis Mini untuk Jualan

Martabak Manis Mini

Martabak manis mini mulai populer di Indonesia sekitar tahun 2008. Salah satu brand yang mempopulerkan martabak manis mini adalah Martabak mini africa Waka Waka dari Jakarta selatan. Hingga kini pun martabak mini masih digemari foodies Indonesia.

Bentuknya yang imut dan harganya yang lebih murah dibandingkan martabak manis ukuran standar. Dengan merogoh kocek 2000 hingga 3000 rupiah bisa menikmati lezatnya sepotong martabak mini. Jika selama ini Anda membeli, kenapa tidak mencoba berkreasi sendiri di rumah?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, Resepnya apa? Nah kabar baiknya pada artikel ini saya akan berbagi resep martabak manis mini dan tipsnya yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai penjual martabak mini.

Informasi ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin bisa membuat martabak manis mini baik untuk keperluan pribadi maupun untuk jualan.  

Resep martabak manis mini tanpa telur

Resep yang pertama yang akan saya bagikan ini tanpa telur sehingga modalnya lebih irit dan cocok sekali untuk yang tidak suka aroma telur. Peralatan yang digunakan untuk mengaduk biasanya menggunakan mixer namun membuat martabak manis mini tanpa mixer juga bisa. Hanya saja jika menggunakan  cara manual tidak secepat menggunakan mixer apalagi kalau takaran terigunya banyak.

Resep ini merupakan resep martabak manis mini tanpa soda kue sehingga terhindar dari efek getir yang diakibatkan oleh pemberian soda kue.

Bahan :

250 gram terigu protein sedang, contoh merk Segi tiga biru

3 Sendok makan (50 gram) Gula pasir

½ sdt ragi instan, contohnya Permipan

½ sdt baking powder dobel acting

¼ Sendok teh garam halus

1 sachet Vanili

300 ml air

Cara membuat martabak manis mini:

1.Masukkan terigu, gula pasir, ragi instan, vanili dan air dalam baskom plastik.

2.Aduk rata sampai lembut menggunakan whisk.

3.Diamkan selama 1 jam

4.Masukkan baking soda ke gelas yang berisi sedikit air, aduk rata sampai keluar gasnya lalu masukkan ke adonan.

5.Adonan siap cetak

Cara Memanggang :

1.Panaskan loyang martabak mini hingga suhunya diatas 70 derajat, bisa menggunakan loyang berlapis teflon, alumunium cor-coran atau baja cor-coran.

2.Tuang adoanan ke loyang sambil diputar sisinya.

3. Setelah mengembang beri taburan gula pasir secukupnya.

4.Tutup Hingga Matang, Angkat.

5.Olesi dengan margarin, Siap diberi topping.

Topping : Coklat butir, coklat butir pelangi, kacang, keju, selai, Glaze, Oreo, Pisang, Ketan hitam.

Kelebihan resep ini : Martabaknya empuk meski tanpa telur, lebih mudah mengembang karena menggunakan dobel pengembang yaitu ragi instan dan baking powder. Cocok untuk pemula yang baru belajar.

Kelemahan : Hanya bertahan selama 3 jam karena menggunakan ragi instan.

Resep martabak manis mini tanpa ragi

Pada resep pertama saya sudah membagikan resep martabak mini tanpa telur, resep selanjutnya tanpa ragi. Keuntungannya adonan jadi lebih tahan lama sehingga sangat cocok digunakan untuk jualan. Untuk memudahkan dalam praktek saya membagikan resep martabak manis mini takaran sendok.

Daya tahan adonan bisa tahan lebih lama karena pengembangnya hanya menggunakan soda kue yang sudah umum digunakan oleh penjual martabak manis baik yang besar atau pun yang mini. Sebagai pengganti ragi digunakan telur ayam. Berikut resep selengkapnya :

Bahan :

500 gram terigu protein sedang

5 Sendok makan gula Pasir

1 Telur ayam

2 sachet vanili

½ Sdt garam halus

½ Sdt soda kue

550 ml air

Cara membuat :

1.Masukkan air, gula pasir, vanili ke baskom plastik, aduk-aduk sebentar.

2.Masukkan terigu, Aduk menggunakan mixer atau whisk sampai lembut.

3.Masukkan telur, aduk lagi sampai tercampur.

4. Diamkan selama 1 jam

5.Masukkan soda kue diatas adoanan lalu siram dengan sedikit air. Aduk rata.

6. Adonan siap cetak.

Resep martabak mini untuk jualan

Resep yang pertama dan kedua diatas lebih cocok untuk keperluan praktek sebelum jualan atau dikonsumsi sendiri. Kalau untuk jualan tentunya takaran bahannya lebih banyak. Resep berikut ini takarannya untuk terigu 2 Kg.

Pada resep ini masih menggunakan pengembang tunggal soda kue sehingga tidak mudah basi dan hemat, 250 gr soda kue merek Asahi harganya cuma Rp.9000. Sebelum menggunakan resep ini pastikan sudah mencoba resep yang kedua dan berhasil.

Bahan :

2 Kg terigu protein sedang

250 gram gula pasir (Bisa ditambah hingga 400 gram)

4 Butir telur ayam

2 sdt vanili (Bisa di ganti dengan 8 sachet vanili)

4 sdt garam (Bisa dikurangi hingga 2 sdt)

2200 ml Air (Gunakan air isi ulang atau matang)

2 sdt soda kue

Cara membuat sama dengan resep yang kedua diatas hanya saja karena takarannya lebih banyak harus menggunakan baskom plastik yang agak besar atau ember kecil dan mengaduknya menggunakan mixer atau jalinan rotan.

Baca Juga : Pemasaran digital, Pengertian, Strategi dan Contohnya

Video cara membuat martabak manis mini

Untuk memperjelas artikel ini saya cantumkan video saat saya membuat adonan martabak yang menggunakan takaran terigu 2 Kg.

Gambar Martabak Mini

1.Martabak mini  Coklat kacang

Martabak manis mini

2.Martabak mini keju susu

Martabak manis mini

3.Martabak mini strawberry, blueberry, nanas

martabak manis mini

Masih banyak menu martabak manis mini lainnya seperti martabak mini jagung keju, oreo, glaze, greentea, kismis, ovomaltine.

Penyebab martabak mini bantat saat dipanggang

Permasalahan yang kerap terjadi saat membaut martabak manis mini kshusunya pemula adalah martabaknya bantat atau tidak mengembang saat di panggang padahal resep sudah sesuai. Simak penyebabnya:

1.Adonan kurang lembut saat di adon/aduk.

2.Takaran pengembang kurang khususnya yang menggunakan soda kue

3.Pengembang kurang aktif atau stok lama.

4.Panas loyang kurang pas.

5.Panas loyang kurang merata.

Usaha martabak mini manis

Usaha ini tidak butuh modal yang banyak apalagi jika pemasarannya secara online atau dititipkan di warung-warung sehingga coock sekali untuk pemula. Usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

Peralatan penting yang perlu dipersiapkan :

1.Loyang Martabak mini, disarankan menggunakan loyang martabak mini berlapis teflon.

2.Peralatan pendukung : Kompor gas+ tabung gas, ember, mixer, tatakan, capit udang, kape, kuas mentega, tempat topping, staples.

3.Gerobak ( Gerobak dorong atau gerobak motor)

Jika pemasarannya dari rumah seperti dijual secara online atau dititipkan di warung maka tidak perlu gerobak tapi jika jualannya mangkal atau keliling wajib memiliki gerobak. Kalau mangkal harus menyediakan tempat yang strategis tapi kalau keliling harus memiliki motor.

Harga martabak mini bisa menjadi daya tarik bagi konsumen namun jangan lupa utamakan rasa, sesuaikan dengan target konsumen. Contohnya jika menyasar ke anak-anak usahakan harganya yang murah namun jika menyasar keorang dewasa, kualitas rasa nomor 1.

Dengan beragamnya metode pemasaran mulai dari jualan mangkal, jualan keliling, dititipkan di warung, dipromosikan melalui media sosial atau whatsapp, hingga dipasarkan melalui aplikasi pesan makanan tentunya terbuka lebar kesempatan mendapatkan pelanggan.

Penutup

Martabak manis mini cocok sekali dijadikan produk untuk jualan karena kreasinya banyak, modalnya kecil dan pemasarannya mudah.

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *