Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang

Cara menjadi youtuber

Informasi seputar cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang sering dicari kaum milenial. Bukan berita baru kalau seorang Youtuber bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta per bulan. Penghasilan Youtuber indonesia tidak bisa dianggap remeh. Berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com proyeksi pendapatan per bulan dari Youtuber Deddy Corbuzier berkisar antara 484,40 juta – Rp 7,75 miliar. Luar biasa bukan?

Siapa saja bisa kok menjadi Youtuber yang menghasilkan uang termasuk kamu meskipun nantinya penghasilannya tidak sebesar channel milik para artis seperti Deddy corbuzier, Baim wong, Andre Taulany atau Sule. Tak sedikit juga Youtuber dari kalangan biasa sukses menghasilkan uang dari Youtube hanya saja mereka tidak “show off”. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara mendaftar menjadi Youtuber yang menghasilkan uang silahkan simak ya artikel dari Bisnis6.

Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang untuk Pemula

1.Buat Channel Youtube

Langkah ini wajib kamu lakukan karena channel inilah yang nantinya akan menghasilkan uang. Perlu kamu ketahui nama channel bisa menjadi daya tarik bagi penonton, sedari awal rencanakan nama channel terlebih dahulu.

Ada dua cara yang pertama menyesuaikan dengan nama profil email contohnya nama profil email saya Dwi Sugiarto maka nama channelnya juga Dwi Sugiarto. Kemudian yang kedua dengan mengunakan nama brand. Contohnya saya memiliki blog yang bernama DWISUWEBID maka saya memilih nama channel DWISUWEBID untuk channel saya.

Kamu juga perlu mempertimbangkan niche channel apakah 1 topik atau multi topik (campuran). Masing-masing memiliki kelebihan. Misalnya saja untuk jenis niche kamu bisa memilih niche channel yang nilai klik iklan (CPC) nya tinggi.

2.Riset Kata Kunci

Di Youtube kamu bebas mengunggah video apa saja yang penting sesuai dengan pedoman komunitas Youtube. Kuantitas bukanlah yang utama tapi kualitas yang lebih penting. Lebih baik jumlah video sedikit tapi pengunjungnya banyak dari pada video banyak tapi pengunjungnya sedikit. Karena penghasilan dari Youtube berbanding lurus dengan jumlah tayangan.

YouTube sendiri memiliki mesin algoritma dimana nantinya Youtube akan menampilkan video yang sesuai dengan kebutuhan penonton. Jadi video yang sesuai dengan minat penonton akan muncul di rekomendasi video atau penelusuran Youtube.

Supaya video kamu direkomendasikan Youtube harus melakukan optimasi video jadi tidak asal-asalan membuat video. Optimasi yang bisa dilakukan adalah peletakkan kata kunci pada judul, pemilihan judul yang clikbait, kata kunci pada deskripsi, hastag, title thumbnail hingga thumbnail.

Cara untuk mengetahui kata kunci yang potensial dengan melakukan riset kata kunci menggunakan tools kata kunci seperti Keyword everywhere, Ubbersuggest, Ahrefs atau longtail pro. Bagaimana kalau tanpa riset apakah bisa mendapatkan pengunjung? Bisa saja tapi videonya bersifat temporer maksudnya hanya ramai disaat saat tertentu misalnya video viral, traveling atau kuliner.

3.Buat Konten Unik

Setiap hari entah berapa banyak video yang diunggah ke Youtube namun tidak semua bisa muncul di penelusuran Youtube atau rekomendasi Youtube. Penonton butuh video yang unik dan segar sehingga tampil beda dengan video lainnya meski temanya sama.

Sebagai bahan referensi silahkan tonton video yang muncul dipenelusuran Youtube atau rekomendasi YouTube. Silahkan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) tapi bukan plagiat atau reupload. Lihat videonya seperti apa, apakah ada teks, grafis atau efek-efek teretnu. Dengarkan juga audionya serta narasinya. Lihat juga durasi videonya dan thumbnailnya.

Dengan mengamati video yang sudah muncul dipenelusuran Youtube kamu bisa mencari apa yang kurang divideo tersebut kemudian kamu buat video yang lebih lengkap. Jadi ide boleh sama tapi cara menyampaikannya yang berbeda.

Sebagai contoh saya membuat video seputar resep martabak tapi kebanyakan saat mengolah bahannya didalam rumah, nah saya membuat video resep yang lebih meyakinkan yaitu saat membuat video saya lakukan di gerobak jualan saya jadi penonton percaya kalau resep saya bisa berhasil. Hasilnya video tersebut bisa menjadi video terpopuler di channel saya.

4.Promosi Channel

Saat video sudah diupload ke channel Youtube silahkan langsung promosikan video kamu dengan cara membagikannya sebanyak-banyaknya ke media sosial atau kewebsite. Datangkan pengunjung sebanyak-banyaknya dan usahakan interaksi sebanyak banyaknya misalnya like, komen atau share. Semakin banyak video kamu ditonton, interaksinya banyak maka Youtube akan merekomendasikan video kamu ke penonton.

Cara promosi lainnya dengan cara saling berkunjung antara sesama konten kreator, kamu kunjungi channel lain lalu tinggalkan komentar atau like nantinya channel tersebut akan balik berkunjung ke channel kamu. Supaya cara ini maksimal cari channel yang memang butuh subscribe dan jam tayang karena tidak semua channel mau berkunjung balik. Silahkan gabung ke grup-grup Youtuber

5.Daftarkan ke YPP

Perlu kamu ketahui agar channel bisa menghasilkan uang kamu harus bergabung dengan YPP ( Youtube Partner Program) dan disetujui. Persyaratan untuk bisa gabung adalah channel memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang selama 1 tahun. Buat pemula mungkin terasa sulit namun dengan konsistensi saya yakin kamu bisa memenuhi persyaratan itu.

Jika channel kamu sudah memenuhi syarat silahkan ajukan channel kamu melalui dashboard Youtube pada bagian monetisasi. Pada proses ini nantinya kamu akan diarahkan untuk membuka akun Google Adsense. Persiapkan data-data yang lengkap sesuaikan dengan KTP atau alamat tinggal yang sekarang. Channel kamu nantinya akan di review oleh tim Youtube dan jika lolos review berarti channel kamu siap menghasilkan uang dari Youtube.

Penutup

Dengan melakukan langkah-langkah dari  Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang diatas peluang kamu untuk menghasilkan uang dari Youtube semakin besar apalagi jika channel kamu banyak pengunjungnya. Selamat Mencoba!

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *