Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis Online

BISNIS6.MY.ID – Bisnis online merupakan bisnis yang pemasarannya menggunakan media internet seperti email, website atau media sosial. Karena kelebihannya, banyak pihak yang ingin terjun ke bisnis online. Faktanya bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari ibu rumah tangga sampai pengusaha.

Saya tertarik terjun ke bisnis online lalu dari mana saya harus mulai atau apa yang perlu dipersiapkan dan modalnya berapa? Nah… untuk menjawabnya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar cara memulai bisnis online untuk pemula. Simak terus ya!

Langkah 1 : Persiapkan peralatan

Namanya juga media online sudah barang tentu butuh peralatan untuk bisa online sebagai alat untuk berbisnis online. Peralatan yang paling penting adalah minimal HP dan Koneksi internet, tanpa ini bisnis akan sulit untuk berjalan. HP selain digunakan untuk mengakses internet bisa juga digunakan untuk sarana komunikasi antara pebisnis dan konsumen.

Jika memungkinkan sediakan juga komputer atau Laptop karena lebih leluasa mengakses internet dari pada HP.

Langkah 2 : Tentukan Jenis Bisnis

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah menentukan jenis bisnisnya dan yang paling mudah adalah jualan online atau toko online namun tidak hanya sebatas itu masih banyak bisnis online lainnya seperti publisher, influencer, affliasi, content writer, Youtuber, Adsbreak FB, Kontributor. Silahkan sesuaikan dengan minat dan bakat sehingga pada saat menjalaninya bisa menikmati.

Contohnya saya, karena saya hobi menulis maka saya terjun ke content writer atau blogger dan saya juga suka edit video makanya saya terjun menjadi kreator Youtube. Karena memang saya suka, hingga 10 tahun saya belum merasa bosan.

Intinya maksimalkan semua potensi diri atau pun lingkungan sekitar. Ada cerita menarik dari seorang teman, Awalnya menulis diblog seputar tanaman padi dan kebetulan juga seorang petani. Informasi seputar padi tersebut banyak yang mencari sampai akhirnya teman saya ini jualan benih padi dan laku keras.

Jika sudah menentukan jenis bisnisnya langkah selanjutnya tentu mempersiapkan produknya atau mulai membangun aset. Misalnya mau membuka toko online harus mencari produknya apa lalu supliernya dari mana atau seperti saya, jika mau menjadi content writer pertama yang harus dilakukan membuat blog.

Langkah 3 : Mulai promosi

Jika produknya sudah siap maka langkah penting selanjutnya mempromosikan produk tersebut ke internet. Misalkan mau jualan online maka mulailah mempromosikan barangnya ke Facebook, grup WA atau ke website. Langkah ini cukup penting karena konsumen belum tahu apa produk toko Anda sehingga semakin sering promosi akan semakin dikenal.

Jika memang barangnya dibutuhkan konsumen lama kelamaan akan ada yang beli. Bagaimana jika bukan jualan online contohnya YouTube? Sama saja harus mempromosikan channel YouTube nya agar pengunjungnya banyak sehingga lebih cepat menghasilkan uang.

Kapan Bisnis Online Mulai Menghasilkan?

Berdasarkan pengalaman saya, toko online paling cepat menghasilkan apalagi jika produknya memang dibutuhkan orang misalnya saja makanan. Promosinya juga sederhana cukup di grup jual beli facebook yang menyasar target lokal. Namun demikian toko online juga tak lepas dari masalah seperti mendapatkan order fiktif atau harus COD sehingga harus siap tenaga untuk mengantarkan ke pemesan yang terkadang alamatnya susah dicari.

Namun tak jarang toko online yang sepi pembeli karena harganya kalah bersaing dengan toko yang bermodal besar sehingga bisa menjual dengan harga yang sangat murah.

Bagaimana dengan Youtube, Blog atau content writer? Kalau menurut saya untuk pemula butuh waktu yang lama sehingga cukup riskan jika langsung mengandalkan penghasilan dari sumber yang sudah saya sebutkan tadi namun kelebihannya jika sudah mulai menghasilkan bisa menjadi Pasive Income.

Bagaimana sekarang sudah jelas bukan? Lalu Kapan Anda akan memulai bisnis online?

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *