Cara Melihat Penghasilan Youtuber yang Akurat

Penghasilan youtuber

Cara melihat penghasilan youtuber sebenarnya mudah namun tidak sedikit yang belum paham khususnya untuk youtuber pemula. Penghasilan pertama bagi seorang Youtuber bisa menjadi kado terindah dan menjadi ajang pembuktian kalau dari Youtube bisa menghasilkan uang. Penghasilan dari Youtube bisa menjadi solusi bagi mereka yang saat ini masih belum bekerja.

Penghasilan dari Youtube akan mulai mengalir ke akun sejak channel disetujui untuk bergabung dengan YPP (YouTube Partner Program). Berapa besar penghasilan yang akan didapatkan tergantung dari jumlah penonton serta jenis iklannya.

Saran saya untuk kamu yang baru bergabung dengan YPP sebaiknya fokus untuk membuat video, tidak perlu sering mengecek penghasilan. Sebagai bahan pertimbangan, jumlah penayangan sebanyak 35 ribu bisa menghasilkan $ 13. Jika channel kamu yang jumlah penayangannya per bulan sekitar jumlah tadi tentu masih harus kerja keras untuk mendatangkan penonton.

 Cara Melihat Penghasilan Youtuber

1.Buka creator studio https://studio.youtube.com/

2.Klik Analytics

3.Silahkan lihat pada ringkasan disitu akan terlihat penayangan, waktu tonton, subscriber, estimasi pendapatan. Kamu bisa mengatur peridoe waktunya mulai dari 7 hari terakhir, 28 terakhir atau kustom. Di analytics ini bisa dilihat penghasilan dari setiap video jadi bisa dijadikan pertimbangan saat membuat video yang berpotensi mendapatkan penghasilan.

Perlu kamu ketahui penghasilan yang tertera masih estimasi belum merupakan hasil akhir, masih bisa berubah. Jika ingin penghasilan final youtube kamu bisa melihat Saldo di akun adsense setiap tanggal 12 atau 13 setiap bulannya. Sebagai contoh penghasilan bulan Maret 2021 akan bisa dilihat pada tanggal 12 April 2021. Berikut langkah-langkahnya:

1.Log in ke akun Adsense

2.Lihat Saldo. Khusus untuk akun adsense yang hanya dikaitkan dengan Youtube tanpa blog (akun Hosted) maka penghasilan tertaksir hari ini, kemarin, 7 hari terakhir dan bulan ini akan menunjukkan nilai Nol.

Kapan bisa mencairkan penghasilan Youtube?

Jika pada tanggal 12 April 2021 penghasilan youtube yang masuk ke akun adsense berjumlah $100 atau Rp.1.300.000 maka pada tanggal 22 April 2021 akan ditransfer ke rekening.

Baca juga : Cara Menjadi YouTuber yang Menghasilkan Uang

Cara Menjadi YouTuber Sukses

Siapapun bisa menjadi Youtube sukses asalkan mau kerja keras, kreatif, disiplin, komitmen dan konsisten. Jika menganggap Youtube sebagai bisnis maka perlakuannya sama seperti bisnis lainnya yaitu perlu modal, strategi pemasaran dan proses yang panjang.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar menjadi youtuber sukses :

1.Buat video yang bermanfaat atau bisa memecahkan persoalan

2.Pilih niche video sesuai dengan minat dan kemampuan

3.Persiapkan peralatan pendukung, semakin lengkap semakin bagus mulai dari kamera, tripod, Mic, Sound card, Software editing,Lighting, Komputer, software desain grafis.

4.Pahami Algoritma Youtube mulai dari riset kata kunci, pembuatan judul, deskripsi hingga thumbnail.

5.Promosikan channel melalui media sosial

6.Bangun interaksi dengan penonton misalnya berinterkasi melalui postingan, aktif membalas komentar atau like serta mengadakan give away.

7.Lakukan analisa channel mulai dari jumlah penayangan, waktu tonton, subsriber, pendapatan, video teratas, sumber trafik.

Penutup

Cara melihat penghasilan youtuber bisa dilakukan dengan 2 cara, pertama melalui creator studio dan kedua melalui akun google Adsense.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *