Cara Agar viewer Youtube Banyak Terbukti Berhasil

Cara agar viewer youtube banyak

Viewer Youtube banyak sama dengan uang? Kamu pasti sepakat dengan pernyataan ini. Sayangnya mendapatkan viewer atau penonton youtube itu tidaklah mudah khususnya bagi pemula. Cara agar viewer youtube banyak menjadi informasi yang sering dicari diinternet.

Nah… pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan tutorial yang berkaitan dengan hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi selama 4 tahun menjadi kreator Youtube.

Seperti yang saya sebutkan diawal tadi, viewer banyak = Uang. Viewer bisa dikonversikan menjadi uang jika channel youtube kamu sudah disetujui menjadi partner youtube dalam menampilkan iklan Adsense. Sebagai contoh channel saya ditonton sebanyak 191 ribu kali ternyata bisa menghasilkan uang sebesar US $57. Oke…Langsung saja ketopik!

Cara Agar Viewer Youtube Banyak

1.Lakukan riset kata kunci

Langkah ini paling berpengaruh terhadap jumlah viewer karena pengunjung akan mencari informasi yang dibutuhkan di youtube. Semakin banyak penonton yang mencari sebuah informasi maka peluang mendapatkan  viewer akan semakin besar.

Contohnya mudahnya begini misalnya informasi seputar cara membuat bakso banyak yang mencari, tentunya jika kamu membuat video seputar cara membuat bakso akan berpeluang mendapatkan banyak viewer.

Bidik kata kunci 4 kata (long tail keyword) misal resep kue tradisional kukus, pencarian bulanannya lumayan tinggi 1900.

Dari mana tahu jumlah pencarian bulanannya tinggi? Disinilah kamu membutuhkan tools SEO sebagai contoh saya menggunakan tools Keyword Everywhere. Kamu bebas menggunakan Tools apa saja yang penting tujuannya untuk mengetahui volume pencarian bulanannya.

Perhatikan juga tingkat persaingannya, pilih yang persaingannya rendah dan nilai CPC nya bagus.

Baca Juga : Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang

2.Buat Video Tutorial

Kenapa harus memilih video tutorial? Karena video semacam ini sering dicari penonton Youtube Jadi saya sarankan untuk mencari kata kunci yang bisa dibuat sebuah video tutorial. Kelebihan dari video tutorial ini nantinya kalau video kamu sudah direkomendasikan youtube maka trafik akan mengalir terus menerus.

Berbeda jika kamu membuat video yang bersifat musiman misalnya video viral, mungkin seminggu bisa ramai pengunjungnya tapi setelah itu akan sepi penonton. Sebenarnya ada juga jenis video yang  bukan tutorial tapi bisa mendatangkan pengunjung contohnya video kuliner, jalan-jalan namun kamu harus rajin mengupload video dan videonya harus benar-benar menarik.

Berbeda dengan video tutorial, meskipun videonya sederhana tanpa editing namun kalau memang video tersebut bisa menyelesaikan masalah, video tersebut bisa saja banyak yang menonton contohnya saya pernah menemukan video tutorial mengikat plastik es mambo tanpa karet viewernya bisa jutaan. Hebat bukan?

Buat video tutorial dengan durasi yang panjang atau lebih dari 10 menit namun sebaiknya jangan lebih dari 15 menit. Biasanya kalau penonton akan menonton video sampai tuntas karena video tutorial susah dipahami kalau videonya di skip-skip.

Inilah yang menjadi kelebihannya karena bisa menyumbang jam tayang yang banyak dan video yang durasinya lebih dari 10 menit akan menampilkan iklan yang banyak kalau videonya sudah menayangkan iklan.

3.Optimasi Video

Setelah menemukan kata kunci potensial lalu membuat videonya, cara agar viewer youtube banyak selanjutnya yang cukup penting adalah melakukan optimasi semaksimal mungkin agar nantinya video tersebut mendapatkan rekomendasi dari mesin youtube

Berikut adalah beberapa optimasi video yang biasa saya lakukan :

A.Menentukan Judul

Wajib menambahkan kata kunci pada judul dan idealnya kata kunci persisnya diawal kalimat contohnya kata kuncinya resep kue tradisional kukus, maka saya akan membuat judul seperti ini, “Resep Kue Tradisional Kukus Paling mudah”.

Buat judul semenarik mungkin  yang membuat penonton ingin mengunjungi video kamu karena pertama kali penonton akan membaca judulnya terlebih dahulu seperti ditambahkan kata : rahasia, murah, mudah, terbongkar dan lain-lain.

Berhubung kebanyakan penonton mengakses youtube dari HP maka perlu memaksimalkan jumlah karakter pada judul, usahakan tidak lebih dari 65 karakter karena jika lebih dari itu maka akan terpotong saat video masuk rekomendasi youtube.

Perhatikan contoh judul dibawah ini:

Resep Batagor ikan Tengiri

Resep Batagor ikan enak sekali

Resep Batagor Ikan Cuma 3 Bahan

Dari ke-3 judul diatas mana yang menurut kamu paling menarik? Menurut saya nomor 3 karena umumnya orang kalau mau membuat masakan memilih resep yang irit bahan.

B.Mengisi Deskripsi video

Seringkali youtube mengabaikan mengisi deskripsi video padahal ini merupakan bagian dari optimasi video yang akan memudahkan mesin youtube menemukan video kamu.

Buat deskripsi video sebanyak mungkin kalau bisa sampai batas terakhir yaitu maksimal 5000 karakter  atau kalau tak mau repot 100 kata atau 650 karakter saja sudah cukup namun tidak hanya panjang saja namun selipkan kata kunci utama pada bagian awal, tengah dan akhir.

Sebaiknya pengisian deskripsi hanya memberi ringkasan atau informasi tambahan dari video bukan menjelaskan sama persis dengan yang divideo, yang ada nantinya penonton cuma membaca deskripsi ketimbang videonya.

Selipkan juga link video lain yang berhubungan dengan video sehingga berpotensi menambah viewer. Untuk melengkapi optimasi silahkan tambahkan tagar dengan kata kunci misalnya #resepbatagor atau #resepbatagorikan.

C.Mengisi Tags Video

Langkah ini tak boleh terlewatkan agar video kamu mudah ditemukan mesin youtube. Isi tags Video dengan kata kunci utama dan kata kunci pendukung. Usahakan mengisi tag ini dengan kata kunci yang pencariananya tinggi.

Contoh jika kamu membidik kata kunci Ondel-Ondel maka kamu bisa mengisi tag video dengan : Ondel, Ondel Ondel, Ondel Ondel Betawi, lucu, unik, budaya, kesenian.

Kamu bisa mencari tags video sendiri tapi kamu juga bisa mengintip tags video yang dipakai channel lain. Kamu bisa mengetikkan kata kunci video kamu di youtube kemudian lihat hasil dari rekomendasi youtube.

Cari beberapa video yang viewernya banyak lalu tonton videonya menggunakan browser komputer yang sudah diinstal tools keyword everywhere. Nanti akan muncul tags yang dipakai video tersebut. Silahkan ambil tags tersebut untuk video kamu sesuai kebutuhan.

Kalau kamu menggunakan tools keyword Everywhere yang premium maka setiap tags yang tampil divideo akan terlihat jumlah pencarian bulanannya. Silahkan ambil yang pencariannya tinggi saja.

D.Membuat Thumbnail Video Kustom yang Menarik

Langkah ini opsional saja, misalkan pakai thumbnail bawaan dari youtube juga tidak mengapa karena channel saya tanpa menggunakan thumbnail costum bisa tembus 1000 subsriber dan 4000 jam tayang. Jika kamu menggunakan thumbnail custom buatan sendiri maka kamu bisa menambahkan teks yang berisifal clickbait atau efek gambar pada thumbnailnya sehingga lebih menarik.

Tanpa Komputer pun kamu bisa membuat thumbnail video yang menarik dengan menggunakan bantuan aplikasi HP, salah satunya Pixellab. Lumayan bagus menurut saya.

Pembuatan thumbnail custom ini cukup mudah, kamu tinggal memutar file video asli di HP kemudian pilih bagian video yang akan dijadikan thumbnail lalu sreenshot. Hasilnya kemudian diedit menggunakan aplikasi pixellab.

Agar channel kamu bisa menggunakan thumbnail kustom maka channel kamu harus diverifikasi terlebih dahulu menggunakan nomor HP.

4.Promosi Channel

A.Bagikan link channel/video ke Media sosial

Cara ini cukup mudah, kamu tinggal membagikan channel kamu kemedia sosial seperti facebook atau twitter. Bagikan link channel secara rutin setelah mengupload video baru. Di Facebook, kamu bisa memaksimalkan promosi melalui berberapa media mulai dari akun pribadi, fans page hingga grup.

Untuk  share di grup, silahkan cari grup sebanyak –banyaknya yang sesuai dengan topik channel kamu yang angotanya banyak. Sebaiknya baca aturan grupnya, bergabunglah dengan grup yang memang boleh membagikan link kegrup.

Supaya anggota grup tertarik mengunjungi channel kamu usahakan aktif berinteraksi digrup dengan like atau komentar serta membuat postingan secara rutin. Buat postingan yang bisa menyelesaikan masalah yang sering dikemukakan oleh anggota grup.

B.Bagikan link channel/video ke blog

Cara ini bisa kamu tempuh jika memang memiliki blog, jika tidak punya bisa dilewatkan saja. Buatlah artikel yang mempromosikan channel kamu atau yang berhubungan dengan video yang kamu buat. Asyiknya lagi kamu bisa embed video kamu keartikel, jadi pembaca blog bisa menonton video dari blog.

Bidik kata kunci tertentu agar artikel tersebut bisa tampil dihalaman awal Google sehingga channel kamu juga ikut dilihat pembaca.

C.Kerja sama dengan channel lain

Youtube menyediakan tab komunitas yang memungkinkan pemilki channel membuat postingan. Kamu bisa mengajak kerja sama dengan pemilik channel yang subcribernya banyak. Kamu bisa meminta pemilik channel untuk membuat postingan yang mencantumkan channel kamu.

Jika kamu memiliki channel lebih dari satu kamu bisa memanfaatkan cara ini dan mencatumkan chanel baru kamu sebagai channel yang diunggulkan.

D.Aktif berkomentar di channel setopik yang ramai penonton

 Cara ini bisa kamu lakukan dengan harapan pengunjung-pengunjung divideo pada channel yang ramai penonton tertarik untuk melihat channel kamu. Berkomentarlah dengan komentar yang memiliki nilai lebih misalnya menambahkan apa yang kurang di video tersebut atau ikut menjawab pertanyaan yang ada di video channel tersebut.

Namun sebaiknya kamu melihat komentar terbaru yang ada divideo tersebut apakah ada yang komentar baru baru ini. Jika komentar selalu bertambah, video yang seperti ini yang paling cocok untuk dikomentari bukan yang berisi komentar yang sudah lama misalnya setahun yang lalu atau beberapa bulan yang lalu.

Penutup

Tutorial seputar Cara agar Viewer Youtube Banyak Terbukti Berhasil diatas bisa kamu coba namun hasilnya bisa berbeda-beda karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Jika masih ada yang kurang jelas bisa corat-coret dikomentar.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *