Berapa Penghasilan Blogger? Cek Faktanya Disini

Penghasilan blogger
Penghasilan dari Google Adsense

Penghasilan blogger itu masih cukup menjanjikan terbukti ada yang berpenghasilan hingga jutaan rupiah meski jarang terekspose media. Artinya, sebenarnya menjadi seorang blogger bukanlah pekerjaan sia-sia tapi bisa menghasilkan uang. Tak sedikit blogger-blogger baru bermunculan dengan motivasi karena ingin menghasilkan uang.

Jika kamu baru terjun menjadi seorang blogger, artikel yang saya tulis ini bisa menjadi rekomendasi agar nantinya tidak salah persepsi dalam memandang pekerjaan sebagai blogger ini. Oh ya sebelum membahas lebih lanjut perkenalkan saya Dwi, Blogger asal Bekasi yang sudah mengelola blog sejak tahun 2011. Diartikel ini saya akan lebih banyak sharing pengalaman selama mendapatkan penghasilan dari blogger.

Jika saat ini kamu baru memulai membuat blog itu sebuah langkah yang bagus, pertahankan semangat itu. Teruslah menulis sambil belajar, cepat atau lambat kamu akan menerima pembayaran pertama kamu dari blogger.

Sumber Penghasilan Blogger

Jika kamu baru terjun ke dunia blog mungkin akan bertanya-tanya dari mana sumber penghasilan blogger itu? Percayalah, sumber penghasilan blogger itu tidak cuma satu atau dua tapi banyak walaupun mungkin yang populer 1 atau 2 sumber. Dengan mengetahui sejak awal sumber penghasilan blogger tentu kamu bisa meraba-raba nantinya arahnya akan kemana. Berikut informasi lengkapnya :

1.Google Adsense

Saya menempatkan Adsense diurutan pertama karena memang cara ini paling populer dibandingkan cara lainnya. Kenapa harus memilih Adsense? Menurut pandangan saya, Adsense itu terpercaya, metode pembayaran mudah dan potensi penghasilannya bagus.

Adsense ini merupakan media periklanan digital terbesar didunia yang sudah dipercaya oleh advertiser diseluruh dunia untuk mengiklankan produknya melalui adsense. Selain adsense ada juga MGID atau Adnow. Ada juga platform periklanan lokal tapi kurang diminati blogger.

Goolge tidak pernah sekalipun curang kepada publishernya jadi selama mengikuti aturan yang ditetapkan adsense akan aman. Metode pembayarannya mendukung rekening bank lokal jadi memudahkan dalam pencairannya, berbeda dengan platform lain seperti MGID metode pembayarannya menggunakan Paypal, walaupun bisa menggunakan rekening bank tapi ambang pembayarannya tinggi.

Untuk bergabung dengan Adsense, blogger harus mengajukan blog terbaiknya untuk direview jika memenuhi syarat akan lolos. Kriteria untuk bisa lolos secara umum adalah artikel orisinil, memiliki nilai lebih untuk pembaca, kaya akan konten dan artikelnya berkualitas.

Ini yang terkadang menjadi hambatan bagi blogger karena tak jarang blogger yang blognya tak kunjung disetujui. Namun jika terus diperbaiki sesuai arahan yang dikemukakan adsense dalam penolakannya saya yakin lama-lama akan diterima. Itulah mengapa sejak awal sebaiknya kamu menulis artikel yang bagus, NO COPAS!

Bagaimana jika trafik blog sudah bagus tapi tak kunjung diterima? Ada solusinya yaitu dengan bergabung di Join Venture Adsense, Cari saja infonya di internet dengan kata kunci “Join Venture Adsense” nanti akan muncul situs yang menawarkan kerja sama ini.

Intinya blog kamu akan dipasangi iklan adsense dari akun milik situs yang mengadakan kerja sama itu nantinya ada prosentase bagi hasil dari iklan misalnya 80 % untuk kamu dan 20 % untuk pemilik akun adsense.

2.Content Placement

Sumber penghasilan blogger berikutnya yang tak kalah menjanjikan adalah dari content placement. Perlu kamu ketahui situs apapun entah itu blog, website profil atau landing page membutuhkan backlink untuk menaikkan peringkat situs atau DA ( Domain Authoirity). Backlink sendiri adalah tautan dari sebuah blog menuju situs/blog lain contohnya kamu punya blog lalu kamu membuat artikel, Nah didalamnya diselipkan tautan yang mengarah kesitus lain atau kalimat ringkasnya content placement adalah jasa tanam backlink.

Situs-situs besar contohnya Tokopedia, Blibli, Bhineka kerap mencari blogger untuk diajak kerjasama dalam bentuk contet placement yang berisi tautan ke URL situs mereka. Berapa yang akan diperoleh blogger dari setiap kerja sama ini? Tergantung negosiasi dengan broker, jika memang peringkat DA kamu tinggi bisa mematok harga yang tinggi pula misalnya1 juta. Tapi pada umumnya berdasarkan pengalaman saya fee untuk content placement berada dikisaran Rp.100.000.

Untuk mendapatkan kerja sama ini bisa dilakukan dengan 3 cara :

1.Menghubungi langsung bagian SEO dari brand

2.Mencari job di grup-grup facebook

3.Bergabung dengan situs platform influencer contohnya Sosiago, Rajabacklink atau Vira.

4.Membuka jasa sendiri.

Meskipun hasilnya menjanjikan sayangnya blogger tidak bisa memastikan kapan mendapatkan job jadi lebih bagus kalau dijadikan alternatif penghasilan bukan penghasilan utama dari blog. Berbeda dengan Adsense asalkan blognya ada trafik maka penghsilan akan tetap ada meski blog tersebut tidak di update sama sekali.

3.Banner iklan

Sumber penghasilan blogger ini juga cukup menjanjikan yaitu dengan cara menawarkan slot banner iklan di header, side bar atau dalam artikel. Semakin tinggi trafik sebuah blog maka harga sewa per bulannya juga akan semakin mahal. Jika blog kamu memang trafiknya tinggi sebaiknya pasang widget trafik seperti Histat sehingga calon pemasang bisa melihat langsung trafik blog kamu secara realtime.

Saya pernah mendapatkan klien untuk pasang banner iklan padahal trafik blog saya cuma 1000 per hari dan saya mematok harga 200 ribu sebulan. Materi iklan sudah disiapkan oleh pemesan jadi saya tinggal memasang saja di blog.

4.Jualan Produk/Jasa

Kamu bisa menjual produk atau jasa melalui blog namun agar jualan kamu efektif sebaiknya membuat blog yang fokus membahas topik tertentu (Niche Blog) dan trafiknya bagus. Dengan blog setopik otomatis pengunjungnya juga tertarget atau memang menyukai atau minat dengan topik tersebut.

Sebagai contoh Saya punya teman blogger yang mahir dalam membuat template/themes blog dan memiliki sebuah blog untuk berbagi tips seputar blog khususnya desain blog dan kerap membagikan template gratis. Blog tersebut kerap menjadi rujukan blogger ketika menemui masalah sehingga banyak yang mengenalnya.

Saat teman saya ini membuat template premium dan menawarkannya di blog sambutannya cukup bagus, banyak yang membeli templatenya meski harganya lumayan dikantong untuk kelas bogger pemula yaitu Rp.150.000. Kebetulan saya juga membeli template tersebut untuk blog-blog saya yang memakai blogspot.

Contoh lain saya juga punya teman yang sebagian besar artikel diblognya membahas tanaman padi dan banyak pengunjungnya. Akhirnya teman saya mencoba jualan benih padi dan sambutannya bagus, banyak peminatnya sampai akhirnya serius menjadi penjual benih padi online.

5.Jualan Ebook

Ebook sangat cocok sekali untuk dijual secara online karena biaya produksi dan distribusinya rendah tidak seperti buku cetak. Kamu bisa membuat sebuah Ebook yang sesuai dengan topik blog kamu lalu dijual. Personal branding bisa menjadi daya tarik bagi  pembeli. Tunjukkan keahlian kamu lewat blog sampai mereka yakin kalau kamu memang ahli dibidang tersebut.

Contoh Full time blogger sukses yang berhasil menjual Ebook adalah Herman Yudiono, melalui 2 ebook dengan tema seputar blog mampu meraup 45 juta rupiah.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Pribadi yang Menghasilkan Uang

Penghasilan blogger dari Google Adsense

Berhubung Adsense hingga kini masih menjadi favorit blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blog tak ada salahnya saya mengupas secara singkat Adsense di sub judul khusus. Dipenjelasan diatas sudah saya jelaskan kalau mau bergabung dengan Adsense harus mendaftar dulu dan diterima.

Nah setelah blognya diterima maka otomatis memiliki sebuah akun Adsense. Untuk mendapatkan penghasilan dari adsense blogger atau publisher wajib memasang kode iklan di blognya agar iklannya bisa tayang di halaman blog. Jenis iklannya bermacam-macam misalnya iklan otomatis, iklan feed, ikan dalam artikel.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan dari Adsense :

1.Tampilan halaman

2.Klik iklan

3.CPC (Biaya Klik Iklan)

Tampilan halaman cukup mempengaruhi penghasilan adsense tapi yang jauh lebih penting adalah CPC nya. Kendala blog berbahasa Indonesia salah satunya nilai CPC nya relatif kecil ada yang cuma 0.01 namun tidak semua tergantung dari iklan yang muncul dan iklan yang muncul menyesuaikan dengan topik artikelnya.

Pada topik tertentu CPC iklannya cukup tinggi meski berbahas Indonesia contohnya tema pinjaman online $1,4, hosting gratis $2,39, Hosting murah $1,17.

Itulah mengapa membangun blog setopik lebih menjanjikan dibandingkan yang campuran khususnya untuk blog personal. Beda lagi kalau situs berita meski topiknya campuran tapi karena trafiknya tinggi sekali penghasilanya juga besar.

Saya sendiri kebetulan memiliki blog  setopik dan campuran dan memang blog yang campuran rata-rata CPC nya kecil dibandingkan dengan yang setopik walaupun tergantung juga dari topiknya sebagi contoh blog saya yang niche teknologi CPC nya kecil.

Penghasilan blogger pemula 2021

Sebagai blogger pemula atau penghasilannya masih recehan saya tetap optimis bisa mendapatkan penghasilan baik dari Adsense maupun yang lainnya. Menurut saya yang paling realistis adalah mengejar penghasilan dari adsense dan content placement.

Terbukti ditengah pesaingan yang ketat sedikit-demi sedikit saya bisa mengumpulkan penghasilan dari Adsense dan content placement. Puncaknya pada bulan Maret 2021 atau setelah 6 bulan mengumpulkan, saya bisa menikmati penghasilan dari Adsense atau gajian. Jumlahnya tidak banyak tapi sudah cukup membuat saya senang.

Penghasilan blogger pemula
Penghasilan Adsense
penghasilan blogger
Penghasilan Content Placement

Penghasilan blogger vs youtube

Fenomena berpindahnya blogger ke youtube tidak bisa terbendung lagi semenjak situs besar “merebut” jatah blogger di penelusuran google. Saya termasuk blogger yang akhirnya hijrah ke Youtube tapi tetap mengelola blog. Faktanya lebih mudah mendapatkan penghasilan dari Youtube dari pada blog walaupun persayaratan youtube lebih sulit dari pada blog.

Sebagai bukti saya memiliki sebuah channel yang baru saja disetujui monetisasinya hanya dengan bermodalkan 88 video bisa mendatangkan sekitar 1000 pengunjung dengan penghasilan  $10 per bulan. Bandingkan dengan blog, untuk bisa mendatangkan pengunjung sebesar itu butuh kerja keras. Meskipun artikelnya sudah banyak tapi kalau jarang yang masuk halaman 1 google akan sia-sia.

Penghasilan youtube pemula
Penghasilan Youtube

Berdasarkan statistik sebenarnya blog lebih menjanjikan, misalnya salah satu blog saya dengan trafik 1600  bisa mendapatkan penghasilan $0,86 padahal blog campuran bahkan salah satu blog setopik saya hanya bermodalkan trafik 680 bisa mendapatkan penghasilan $1.04

Jika blog kamu ingin mendapatkan penghasilan dari adsense yang menjanjikan, kunci pertamanya ada pada SEO, segera perdalam!. Pemilihan topik blog juga ikut menentukan, prinsipnya jika dengan sedikit trafik penghasilan bisa bagus buat apa susah-susah mencari trafik yang tinggi tapi hasilnya tak sepadan padahal mencari trafik tentunya lebih susah.

Penutup

Penghasilan Blogger bisa dari beberapa sumber dan yang terpopuler adalah Adsense. Jumlah yang diperoleh setiap blogger berbeda-beda tergantung dari trafik blog dan CPC.