6 Usaha yang Menjanjikan di masa Depan

usaha yang menjanjikan
Usaha sembako

BISNIS6.MY.ID – Setiap pebisnis tentu menginginkan usaha yang menjanjikan sehingga akan tetap sukses dimasa depan meski harus rela merintis usaha dari nol. Terkadang setelah sekian lama menekuni usaha tersebut hasilnya tidak menggembirakan bahkan ada yang sampai gulung tikar. Ini tentu hal yang paling menakutkan bagi pebisnis.

Itulah mengapa sangat penting untuk menganalisa sebuah bisnis apakah dimasa mendatang usaha tersebut akan tetap menjanjikan? bukan hanya usaha yang ramainya musiman. Nah sebagai bahan referensi pada artikel kali ini saya akan membahas 6 usaha yang menjanjikan dimasa depan. Berikut informasi selengkapnya:

6 Usaha yang Menjanjikan di masa Depan

1.Usaha Sembako

Usaha yang berurusan dengan masalah perut sampai kapanpun akan tetap dibutuhkan sehingga usaha ini akan tetap menjanjikan dimasa depan salah satunya adalah usaha sembako baik yang retail (eceran) atau grosir. Tengok saja banyak sekali toko sembako yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun padahal pemainnya juga banyak. Ini menunjukkan pangsa pasarnya tetap ada meski harus bersaing dengan pemain lain.

Merintis usaha ini tidaklah sulit yang penting memiliki modal yang cukup, untuk skala kecil modal 10 juta cukup tapi untuk skala grosir setidaknya harus memiliki modal 100 juta. Itulah mengapa persaingannya juga ketat sehingga butuh strategi pemasaran yang bagus agar pelanggan tidak pindah ke toko lain.

2.Usaha Akses Internet

Diera teknologi informasi yang semakin maju kebutuhan akan akses internet akan tetap tinggi. Meski akses internet sudah disediakan oleh provider besar namun bukan berarti pemain kecil tidak bisa melakukannya. Faktanya cukup banyak binis akses internet Wifi diperumahan-perumahan dengan harga yang lebih terjangka dari pada provider ISP besar.

Pemain kecil ini biasanya membeli paket bisnis akses internet yang memang bisa dijual kembali kemudian menjual paketnyadengan harga yang lebih terjangkau sebagai contoh saya berlangganan paket unlimited 3 Mbps tanpa FUP sebulan cuma 130 ribu.

Untuk merintis usaha ini tentu harus memiliki pengetahan tentang jaringan internet seperti Router, LAN, Bandwidth, Switch dan lain-lain. Modalnya lumayan besar yang digunakan untuk menyediakan peralatan seperti Tower untuk distribusi akses internet, router dan kabel serta berlangganan akses internet

3.Usaha Rumah Kontrakan

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk apalagi dikota-kota industri yang kebanyakan bukan penduduk setempat sehingga lebih memilih mengontrak rumah dari pada membeli rumah. Apalagi sekarang ini buruh pabrik kebanyakan statusnya karyawan kontrak.

Usaha rumah kontrakan akan tetap cerah namun demikian agar penghuni kontrakannya betah, fasilitasnya juga harus lengkah sehingga nyaman minimal ada air dan listrik. Investasinya memang besar namun resikonya kecil bahkan harga properti semakin lama semakin mahal. Jadi investasi dalam usaha kontrakan ini menguntungkan untuk jangka panjang.

Sebagai contoh harga rumah tipe 36 sekitar 100 jutaan jika dibuat rumah kontrakan bisa menjadi 2 pintu. Dengan sewa per bulannya 600 ribu per pintu maka bisa mendapatkan penghasilan 1,2 juta atau 14 jutaan setahun. Jika semua berjalan lancar maka dalam tempo 10 tahunan bisa balik modal.

4.Usaha Bimbingan Belajar

Pendidikan sampai kapanpun akan tetap dibutuhkan. Meski sudah ada sekolah baik yang negeri atau swasta namun sebagian masyarakat ingin anaknya berprestasi sehingga masa depannya lebih cerah. Untuk mewujudkan keinginan tersebut salah satu caranya adalah dengan memasukkan anak ke bimbingan belajar.

Jika Anda memiliki basic dalam dunia pendidikan cocok sekali merintis usaha bimbingan belajar atau les privat. Target konsumen nya cukup beragam mulai dari anak usia SD hingga SMA. Asyiknya lagi bisa dilakukan dari  rumah jadi tidak harus menyediakan tempat khusus.

Sebagai contoh di perumahan saya ada tetangga yang membuka les privat Baca tulis hitung (Calistung) untuk anak usia dini. Biayanya 100 ribu per bulan dengan durasi 1 jam untuk 1 kali pertemuan.

5.Usaha Bengkel Sepeda Motor

Pemilik sepeda motor di Indonesia jumlahnya terus meningkat seiring dengan mudahnya membeli sepeda motor secara kredit. Namanya juga sepeda motor butuh perawatan rutin agar mesin nya selalu prima. Apalagi untuk sepeda motor yang sudah berumur terkadang menemui masalah.

Keberadaan Bengkel Sepeda motor sangat dibutuhkan sehingga Usaha Bengkel Sepeda motor masih cukup menjanjikan untuk masa depan. Apakah harus ahli dalam otomotif? Kalau memang memiliki kemampuan dalam bidang teknik otomotif tentunya sangat bagus namun belum tentu yang memiliki keahlian bisa buka bengkel sepeda motor karena butuh modal yang besar.

Ketersediaan modal merupakan hal yang cukup penting sedangkan teknisi nya bisa mempekerjakan teknisi yang sudah mahir.

6.Usaha Material Bangunan

Usaha yang menjanjikan di masa depan yang terakhir berikut ini butuh modal yang besar sehingga tidak semua orang bisa merintisnya namun peluangnya tetap bagus. Usaha material bangunan atau toko bangunan akan tetap dibutuhkan khususnya bagi yang akan membangun rumah atau merenovasi rumah.

Selain butuh modal yang besar lokasinya juga harus strategis agar konsumen bisa dengan mudah menjangkaunya serta mempermudah pasokan bahan materialnya. Lokasi juga harus berada dipemukiman yang padat contohnya di perumahan.

Demikianlah informasi seputar 6 Usaha yang menjanjikan di masa depan dari Bisnis6, Simak juga informasi bisnis lainnya.

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *