6 Usaha yang Menjanjikan di Desa Terpopuler

usaha yang menjanjikan di desa

Usaha yang menjanjikan di desa sebenarnya banyak hanya saja masih belum banyak dikembangkan karena kebanyakan orang desa khususnya kaum milenial lebih memilih merantau ke kota untuk mencari pekerjaan. Tak sedikit yang akhirnya gigit jari karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan atau dapat pekerjaan tapi sistemnya kontrak.

Usaha yang menjanjikan di pedesaan prospeknya masih bagus terbukti banyak yang bisa bertahan meski usahanya sudah berjalan puluhan tahun. Mungkin karena jiwa wira usahanya atau mental usahanya belum terbentuk jadi belum berani dengan berbagai alasan contohnya tidak ada modal. Jika Anda berniat pulang kampung informasi seputar usaha yang menjanjikan di daerah pedesaan berikut ini cocok untuk anda simak. Siapa tahu ada yang cocok jadi tidak perlu mencari-cari yang lainnya.

Jenis usaha yang menjanjikan di desa

1.Pertanian

Usaha Tanaman hias, jual bibit tanaman, jual obat obatan pertanian, hidroponik

2.Peternakan

Usaha Ikan hias, ternak ikan lele, ternak ayam kampung, ternak ayam petelur, ternak kambing, ternak bebek, ternak entog,

3.Makanan/minuman

Warung kopi, warung nasi, warung es campur, Kedai pecel lele, Kedai Ayam bakar/goreng, Kedai Bebek bakar/goreng, Warung Sate Kambing, Warung soto ayam,

4.Jasa

Foto copy, warnet, Wifi, Pijat, Bimbingan belajar,Rental play station, penginapan, servis motor, menjahit, sew alat pertanian

5.kerajinan

Usaha kerajinan Mebel, usaha kerajinan pot, usaha kerajinan bambu.

Baca juga : 6 Ide Jualan Makanan Online Terpopuler

Usaha yang Menjanjikan di Desa Terpopuler

1.Toko Sembako

Usaha yang satu ini hingga sekarang cukup menjanjikan untuk dilakukan di desa karena sembako merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Untuk merintis usaha ini memang dibutuhkan modal yang besar khususnya untuk tingkatkan toko grosir sembako.

Jika memang modalnya terbatas Anda bisa merintis toko sembako atau warung kelontong eceran dengan modal 10 juta saja sudah bisa jalan. Lokasi menjadi pertimbangan penting semakin strategis lokasinya tentunya semakin bagus untuk usaha toko sembako.

Merintis usaha sembako ini memang mudah tak heran jika ada saingannya untuk itu anda harus pandai-pandai melakukan strategi penjualan agar konsumen tetap belanja ke toko sembako Anda.

2.Pangkas Rambut

Meski bukan kebutuhan pokok tapi jasa pangkas rambut cukup dibutuhkan di desa karena sudah fitrah manusia rambutnya semakin lama semakin panjang sehingga harus dirapikan. Target konsumennya cukup luas mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini tidak terlalu besar apalagi jika sudah punya tempatnya. Cukup sediakan peralatan pangkas rambut seperti gunting, mesin cukur rambut, pisau cukur, sisir, atau cermin. Mendapatkannya juga tidak susah karena sekarang ini banyak toko online yang menjual peralatan cukur. Mencukur rambut memang butuh keahlian namun bisa diperoleh dengan kursus mencukur rambut.

3.Percetakan

Usaha jasa percetakan ini masih tetap dibutuhkan meski didesa karena adat istiadat didesa masih kuat. Banyak acara-acara yang melibatkan orang banyak seperti pernikahan, khitanan, selamatan dan lain-lain yang tentunya butuh surat undangan.

Tak hanya itu banyak juga tempat usaha yang butuh spanduk agar usahanya lebih terkenal makanya usaha jasa ini sampai kapan pun tetap dibutuhkan.

4.Sewa Tenda dan Sound Sistem

Di desa itu sering kali warga mengadakan hajatan apalagi dibulan haji dan biasanya masyarakat memilih menyewa jasa tenda dan sound sistem. Itulah mengapa jasa sewa tenda dan sound sistem ini masih tetap dibutuhkan.

Untuk merintis usaha jasa ini memang modalnya lumayan besar untuk membuat peralatan tenda serta peralatan sound sistemnya namun itu hanya diawalnya saja selanjutnya tinggal menikmati hasil. Peralatannya juga awet jadi misalkan sedang sepi job tidak rugi atau kalau rugi juga sedikit misalkan untuk biaya perawatan.

5.Bisnis Pulsa

Jika Anda menginginkan usaha yang menjanjikan di desa dengan modal kecil, bisnis pulsa bisa menjadi pilihan. Kenapa demikian? Dengan hanya bermodalkan 50 ribu saja sudah bisa memulai dengan catatan sudah memiliki HP. Pulsa merupakan kebutuhan pokok diera teknologi informasi yang semakin maju tak peduli di desa maupun dikota.

Pertama-tama datanglah ke distributor pulsa di daerah Anda lalu daftar jadi agen pulsa. Pilih yang pendaftaran nya gratis lebih untung lagi jika mendaftar ke distributor yang sistemnya bayar di belakang jadi Anda di modali oleh distributor pulsa.

Setelah terdaftar Anda bisa langsung deposit pulsa secukupnya nanti kalau habis bisa isi lagi. Keuntungan tiap transaksinya memang kecil sekitar Rp.1000 per transaksi namun jika transaksinya banyak keuntungannya juga lumayan. Meskipun sistem bisnisnya mudah namun tetap saja ada resikonya misalnya salah isi  nomor atau ada pelanggan yang ngutang.

6.Warung Nasi

Usaha apapun yang berhubungan dengan masalah perut selalu ada konsumennya salah satunya warung nasi. Contoh warung nasi yang sering dicari adalah yang menyediakan sarapan dipagi hari seperti nasi rames karena biasanya pagi-pagi ibu rumah tangga malas memasak.

Warung nasi yang julan dari pagi hingga malam juga tetap ada konsumennya khususnya untuk warga pendatang atau masyarakat yang memang tidak memasak lebih suka membeli nasi dan lauk yang sudah matang.

Penutup

Jika mau digali sebenarnya banyak usaha yang menjanjikan di desa tinggal mau tidak memulainya. Siapkan mental usaha yang kuat sehingga bisa tetap eksis saat usahanya sedang surut ataupun sedang maju.