6 Manfaat Blog untuk Kamu yang Ingin Berbisnis

Manfaat blog

Manfaat blog ternyata luar biasa khususnya untuk berbisnis. Blog bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan. Fakta membuktikan blogger bisa dijadikan pekerjaan utama. Tak terhitung blogger yang mampu menghasilkan uang jutaan rupiah per bulan. Hanya saja karena pekerjaannya tidak terlihat layaknya pekerja kantoran profesi blogger masih dipandang sebelah mata.

Berbicara tentang manfaat blog ini pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kebetulan saya sudah mulai terjun ke dunia blog sejak tahun 2011. Meski sudah lama ngeblog saya masih terus belajar karena ilmu blog itu dinamis. Saya merasakan sendiri manfaat blog untuk berbisnis meski penghasilan saya dari blog masih kecil tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6 Manfaat Blog untuk Bisnis

1.Menghasilkan Uang

Ini yang paling menarik, siapa sih yang tidak mau uang? Apalagi uang yang didapatkan dari blog terasa spesial. Bayangkan dari tulisan-tulisan yang saya publikasikan ke blog bisa menghasilkan uang. Saya tidak perlu bersusah payah keluar rumah memeras keringat tapi cukup didepan komputer.

Meskipun saya masih pemula tapi setidaknya uang 30 juta sudah masuk ke kantong saya hasil dari blog-blog yang saya miliki. Itulah mengapa sampai sekarang saya masih tetap semangat mengelola blog baik saat penghasilan dari blog lancar atau menurun.

Pertanyaannya dari mana blog bisa menghasilkan uang? Jawabnya bisa dari Google Adsense, Content Placement, Banner iklan atau lomba blog. Untuk informasi detail nya akan saya buat kan artikel tersendiri.

2.Landing Page

Dalam digital marketing peran landing page sangat penting karena berfungsi untuk menghimpun data pengunjung potensial atau leads  dan mempermudah transaksi sebuah produk atau jasa. Jika Anda ingin menawarkan produk atau jasa secara online cocok sekali jika menjadikan blog sebagai landing page.

Sebagai contoh saya sedang mencari jasa install themes WordPress biasanya saya akan mencari informasinya ke Google. Nah dari situlah saya kemudian menemukan sebuah blog landing page yang menawarkan jasa install themes. Dengan melihat landing page tersebut saya jadi tertarik menggunakan jasanya.

3.Mencari Klien

Saya memiliki beberapa blog yang sudah berumur dan artikelnya juga banyak. Disetiap blog saya buat halaman kontak tujuannya untuk mempermudah klien yang ingin bekerja sama seperti content placement atau banner iklan. Dan itu cukup ampuh untuk mendatangkan klien. Beberapa kali saya mendapatkan tawaran kerja sama melalui halaman kontak ini.

Dari sini sudah cukup jelas kalau blog bisa berfungsi untuk mencari klien untuk kerjasama. Peluang Tawaran kerja sama akan semakin besar jika sebuah blog memiliki trafik yang tinggi atau DA nya tinggi. Penghasilan dari kerja sama ini cukup menjanjikan terutama untuk blog yang performa nya bagus. Sekali kerja sama bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

4.Meningkatkan kemampuan menulis

Dengan memiliki sebuah blog maka kamu akan berusaha sesering mungkin untuk membuat artikel yang berkualitas. Sisi positifnya tulisan kamu semakin lama akan semakin bagus. Ditambah lagi saat membuat sebuah artikel pasti menginginkan bisa tampil dihalaman awal Google sehingga berusaha menerapkan tehnik SEO.

Jika ternyata artikelnya kalah bersaing tentunya akan berusaha semaksimal mungkin agar tulisannya semakin berkualitas dan mencari-cari apa yang kurang. Proses ini tentu sangat menguntungkan untuk bisnis. Dengan semakin bagus kualitas tulisan maka peluang bisa tampil dihalaman awal semakin besar trafik akan naik, penghasilan dari iklan ikut naik dan tawaran kerjasama semakin banyak.

5.Mengasah kemampuan SEO

Tak bisa dipungkiri SEO (Search Engine Optimization) merupakan bagian dari Digital marketing sehingga cukup penting untuk dikuasai. Dengan memiliki sebuah blog maka bisa dijadikan ajang pembuktian seberapa dalam pemahaman SEO. Rasanya kurang lengkap kalau membangun sebuah blog tanpa Menerapkan SEO apalagi tujuan awalnya memang untuk menghasilkan uang atau berbisnis.

Dengan semakin seringnya mencoba berbagi teknik SEO maka kemampuan SEO akan semakin meningkat dan ini tentu sangat bagus untuk bisnis.

6.Membangun Personal Branding

Digital marketing butuh sebuah kepercayaan yang berlaku untuk personal atau perusahaan. Tak heran jika perusahaan besar gencar membangun kepercayaan dari publik. Bagaimana dengan personal yang modalnya terbatas? Blog adalah sebuah solusi yang mudah dan murah.

Publik akan lebih mudah mengenal siapa kamu dari tulisan di blog. Semakin fokus tema blog kamu akan semakin mudah publik mengenal siapa kamu. Sebagai contoh kamu mahir membuat landing page kemudian kamu menulis artikel seputar tips membuat landing page. Pembaca lama kelamaan akan percaya kalau kamu memang mahir membuat landing page sehingga suatu saat menawarkan jasa pembuatan landing page mereka tidak ragu lagi untuk menggunakan jasa kamu. Inilah yang dinamakan personal branding.

Tertarik untuk membuat blog? Yuk buat blog pertama kamu dan rasakan manfaat blog untuk bisnis kamu!

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *