6 Ide Jualan Makanan Online Terpopuler

ide usaha makanan online
Ide jualan Martabak Bangka

Ide jualan makanan online sudah banyak bertebaran diinternet seperti Youtube atau Facebook tapi masalahnya laku tidak dijual. Terkadang orang hanya melihat usaha yang viral-viral saja padahal belum tentu bisa tahan lama. Sayang bukan modal sudah keluar banyak tapi laku sebentar kemudian sepi. Mencari ide usaha itu sebaiknya yang bisa tahan lama meski lakunya tidak cepat.

Jika Anda pemula dan ingin menekuni bisnis jualan makanan online khususnya ibu rumah tangga sebelum memulai bisnis makanan ada bagusnya mencari dulu informasi sebanyak-banyaknya dan pilih yang sekiranya paling cocok.

Jualan makanan online ini ada 2 jenis marketing yang pertama 100 % online tanpa membuka outlet atau cukup dari rumah lalu kedua, perpaduan antara online dan offline. Jika Anda ingin hemat modal tentu disarankan memasarkan dari rumah saja jadi tidak peru menyediakan tempat atau outlet.

Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi  seputar ide jualan makanan online yang  bersumber dari grup-grup jual beli difacebook. Data-data ini bisa Anda jadikan referensi siapa tahu cocok untuk usaha jualan makanan online Anda.

6 Ide Jualan Makanan Online

1.Mie Seblak

Kuliner asal bandung ini cukup digemari karena rasanya yang pedas dan ada kenyal-kenyalnya dari krupuk mentah yang direbus. Dipadukan dengan mie rebus dan bumbu rempah yang kuat membuat rasanya cukup lezat dan mengenyangkan perut.

Untuk merintis bisnis ini tidak diperlukan banyak peralatan karena cara memasaknya seperti memasak mie jadi modalnya tidak banyak. Target pasarnya ibu-ibu dan anak muda yang suka pedas. Jika Anda mau bisa memasarkan dengan 2 cara, mangkal dan online. Keuntungan mangkal adalah bisa mendapatkan pembeli secara offline dan online sekaligus.

Lebih hemat jika memasarkan secara online karena anda bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Jika targetnya satu perumahan anda harus siap untuk COD atau siap tenaga untuk mengantar. Untuk taget konsumen yang lebih jauh anda bisa bergabung dengan Go Food.

2.Mie Ayam

Kuliner ini juga cukup populer di Indonesia dan cocok sekali untuk di jual secara online. Untuk merintis usaha ini dibutuhkan beberapa peralatan antara lain panci khusus untuk mie ayam, kompor gas dan mangkuk. Sedangkan bahan baku utamanya daging ayam, mie dan sayuran bisa anda temukan di pasar tradisonal.

Khusus untuk mienya bisa Anda buat sendiri agar kualitasnya lebih terjamin dan menjadi daya tarik bagi pembeli. Namun jika tidak memungkinkan bisa membeli mie khsusus untuk mie ayam yang bisa Anda beli di pasar. Daya tarik mie ayam ini ada pada rasa ayamnya jadi sebisa mungkin menggunakan bumbu yang lengkap sehingga rasanya kuat dan jangan ada tulangnya.

Baca juga : 6 Usaha Rumahan Modal 50 ribu Tanpa Ribet

3.Ayam Bakar/Goreng

Ide jualan makanan ini cocok sekali untuk kebtuhan santap siang maupun malam. Ayam bakar atau goreng cukup populer sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli. Ayam goreng/bakar ini penyajiannya cukup mudah, ayam digereng atau dibakar kemudian ditambahkan sambal dan lalapan.

Peralatan yang dibutuhkan hampir semuanya ada didapur jadi Anda bisa cepat memulainya tinggal membeli bahan baku utama yang tersedia dipasar tradisional. Daya tarik pada kuliner ini ada pada sambalnya serta keempukan dagingnya.

4.Bebek bakar/Goreng

Hampir sama dengan ayam goreng bebek goreng juga cukup diminati konsumen karena citra rasa unik dari daging bebek. Penyajiannya hampir sama dengan ayam bakar/goreng tapi menu dari bebek goreng lebih bervariasi misalnya bebek goreng cabe ijo, kremes atau bebek rica–rica.

Peralatan utama yang paling penting adalah wajan yang berukuran agak besar untuk menggoreng daging bebeknya dan jika ada menu bebek bakarnyaanda harus menyediakan alat untuk membakarnya baik yang tradisional atau modern.

5.Martabak Bangka

Kuliner ini memang hanya sebagai camilan namun peminatnya tetap ada karena memang martabak bangka rasanya enak dan mengenyangkan cocok disantap sekeluarga. Camilan ini cocok dihidangkan pagi hari, sore atau malam hari.

Peralatannya cukup sederhana yaitu cetakan martabak berbahan besi cor-coran ukuran 18-20 cm atau yang lebih besar dan kompor gas. Daya tarik dari martabak bangka ini ada pada menunya, semakin lengkap tentu semakin baik dari menu klasik maupun kekinian contohnya rasa coklat kacang, keju, red velvet, black forest, Pandan, pisang.

6.Nasi Goreng

Ide jualan makanan online yang terakhir ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Siapa tak kenal kelezatan Nasi Goreng? Apalagi jika rasanya pedas akan menggugah selera. Ide jualan makanan online ini lebih cocok dipasarkan saat sore atau malam hari.

Peralatan yang harus  dipersiapkan antara lain wajan khusus untuk nasi goreng atau wajan biasa juga bisa lalu kompor gas. Sediakan menu nasi goreng yang komplit sehingga konsumen tertarik terutama untuk menu yang jarang ada misalnya saja nasi goreng ayam, nasi goreng kambing, Nasi goreng Sosis Bakso, Nasi goreng pete. Nasi goreng udang, Nasi goreng sea food, Nasi Goereng Nuget.

Oh ya untuk beras yang digunakan sebaiknya menggunakan beras Pera IR 42 agar nasi gorenngnya bagus sedangkan bahan lain seperti telur, bakso dan lainnya tidak butuh trik khusus.

Penutup

Ide jualan makanan online yang bisa menjadi rekomendasi buat Anda antara lain Usaha Mie Seblak, Mie Ayam, Ayam goreng, bebek goreng, Martabak Bangka dan Nasi goreng. Selamat Mencoba!