6 Cara Mengatasi Toko Kelontong Sepi Pembeli

Cara Mengatasi Toko Kelontong Sepi Pembeli

6 Cara Mengatasi Toko Kelontong yang Sepi – Kenapa toko kelontong saya sepi? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang baru merintis toko kelontong maupun pemain lama. Jika terus menerus seperti itu keadaannya tentu bukan situasi yang bagus.


Banyak faktor yang menyebabkan toko kelontong sepi pembeli mulai dari lokasi, harga, persaingan atau pelayanan. Jika usaha anda sudah maksimal namun belum juga ramai tokonya, Anda perlu melakukan strategi lain.

Cara Mengatasi Toko Kelontong Sepi Pembeli

Jangan panik jika toko kelontong Anda masih sepi. Berikut tips trik untuk mendatangkan pembeli ketoko Anda. Simak baik-baik biar hasilnya maksimal.

1. Jam buka lebih lama

Jika selama ini toko Anda bukanya tidak lama, usahakan membuka toko lebih awal dari biasanya dan tutup lebih lama. Pertimbangannya biasanya ibu-ibu rumah tangga belanja untuk kebutuhan sehari hari dipagi hari seperti sarapan atau cuci baju

Begitu juga jam tutupnya sebaiknya diperpanjang jika biasanya tutup jam 9 malam coba anda tambah satu atau dua jam bisa juga lebih. Pertimbangannya untuk mengakomodasi konsumen yang beraktivitas malam seperti karyawan yang pulang malam.

2. Perbanyak barang yang paling laku

Daya tarik sebuah toko kelontong salah satunya dari kelengkapan barangnya. Semakin banyak barangnya maka akan semakin menarik. Perbanyaklah item barang meskipun stoknya sedikit yang penting kalau ada yang beli tersedia.

Namun bukan asal memperbanyak barang, pilih barang-barang yang laku dipasaran. Dahulukan memilih barang-barang dari produsen ternama agar lebih mudah diterima konsumen.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong

3. Pahami jam ramai pembeli

Saat toko kelontong sepi, kedatangan pembeli sangatlah berarti meskipun hanya satu atau dua orang itulah mengapa jangan sampai ketika sudah ada yang datang namun tidak jadi beli dengan berbagai sebab.

Anda harus hafal waktu-waktu biasanya orang belanja atau jam ramai pembeli ketoko kelontong. Dengan mengetahui hal tersebut setidaknya Anda sudah siap melayani pembeli baik dari segi kecepatan dalam melayani atau mempersiapkan uang kembalian.

Kecepatan pelayanan pelayanan saat pembeli datang bersamaan sangat diperlukan. Sebaiknya memang mendahulukan yang pertama datang namun jika memungkinkan, anda bisa sambil melayani pembeli yang lain jika memang belinya satu atau dua barang saja (Nyempil).

Jika hanya fokus kesatu orang dikhawatirkan jika pembeli tersebut belinya banyak atau butuh proses sehingga pembeli yang lain tidak sabar kemudian pergi.

4. Maksimalkan stok barang

Mengingat begitu berharganya pembeli, oleh karena itu jagalah stok barang toko anda jangan sampai kosong terutama untuk barang terlaris, sebaiknya tambahkan stok 2 kali lipat atau lebih.

Tujuannya agar terhindar barang kosong saat ada yang mencari. Jika hal ini terjadi kemudian pembeli tidak jadi beli hal itu merupakan sebuah kerugian yang besar karena pembeli sudah niat membeli tapi tak jadi beli.

5. Sediakan barang unik

Disaat tertentu terkadang pembeli mencari barang yang jarang dicari namun pada saat tertentu sangat dibutuhkan atau barang unik contohnya arang untuk membakar sate, Payung, Jas hujan dan lain-lain.

Sediakan barang-barang tersebut dan jumlahnya tidak perlu banyak-banyak karena tujuannya semata-mata untuk memancing pembeli datang ke toko anda. Pajang sedemikian rupa agar barang unik tersebut terlihat oleh pembeli.

6. Merintis usaha sampingan

Untuk menambah penghasilan selain dari bisnis toko kelontong anda bisa mencari usaha sampingan namun tentu saja usaha sampingan tersebut tidak mengganggu kelangsungan bisnis toko kelontong.

Salah satu contohnya menjadi youtuber atau buka toko online. Cari usaha sampingan yang bisa dilakukan secara online atau bisa dilakukan dari toko kelontong Anda. Pada momen tertentu misalnya lebaran, Anda bisa memetik hasil yang maksimal.

Dengan memiliki usaha sampingan maka keuntungannya bisa digunakan untuk membantu toko kelontong sampai omsetnya bagus.

Penutup
Dengan melakukan 6 Cara mengatasi toko kelontong Sepi pembeli diatas akan membuat toko kelontong Anda menjadi ramai pembeli. Selamat Mencoba!