10+ Rahasia Usaha Toko Sembako yang Sukses

usaha toko sembako

Rahasia usaha toko sembako yang sukses menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak! Usaha toko sembako hingga saat ini masih tetap menjanjikan. Ini tak lepas dari sifat sembako ini.

Sembako atau sembilan bahan pokok menurut Kepmenperindag 115/1998 adalah Beras, Gula pasir, Minyak goreng dan mentega, Daging sapi dan ayam, Telur ayam, Susu, Jagung, Minyak tanah dan Garam beryodium.

Namun fakta dilapangan jika menyebut toko sembako bukan berati terbatas dari sembilan bahan pokok tadi tapi bahan pokok yang secara umum dibutuhkan masyarakat dengan kata lain toko sembako itu toko yang menyediakan keperluan sehari-hari.

Dengan sifat sembako yang merupakan kebutuhan sehari-hari tentunya cukup mudah bagi sebuah toko sembako mendapatkan pembeli. Namun usaha toko sembako disebut sukses apabila mendapatkan banyak pelanggan dan omsetnya bagus sehingga keuntungannya juga bagus. Pertanyaannya bagaimana caranya? Simak info berikut ini.

Tips Sukses Usaha Toko Sembako

1.Ketersediaan modal yang memadai

Ketersediaan modal cukup berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah toko sembako karena nantinya modal ini digunakan untuk belanja barang. Harga pokok sembako ada yang murah ada yang mahal tapi karena semuanya harus ada mau tak mau harus menyediakan semua. Sebagai contoh 1 karung beras harganya sekitar 500 Ribuan sedangkan biasanya menyediakan lebih dari satu macam beras di tambah stoknya.

Itu baru beras, belum sembako lain yang harganya juga lumayan seperti telur, minyak goreng, gula pasir dan lain-lain. Memang jika modalnya terbatas bisa saja belanja tapi tentu partainya kecil dan itu berpengaruh pada harganya. Jika belanja dalam partai besar tentu harga pokoknya lebih murah.

Jika ditanya berapa modal usaha toko sembako? Jawabanya relatif, bisa 10 juta, 20 juta atau ratusan juta. Secara garis besar semakin banyak modalnya semakin bagus untuk sebuah toko sembako.

Ketersediaan modal juga akan memperkuat daya saing dengan toko sembako lain atau yang baru buka. Misalnya toko Anda modalnya cuma 10 juta lalu disaingi toko baru yang modalnya 100 juta tentu akan berpengaruh  bahkan bisa saja pelanggan toko anda kabur.

2.Lokasi toko strategis

Apa jadinya jika sebuah toko sembako barangnya lengkap, tokonya besar tapi lokasinya ditempat sepi atau susah dijangkau? Bisa ditebak  konsumen bisa saja enggan belanja karena mungkin jauh. Bagaimana juga konsumen lebih suka belanja ke toko yang paling dekat dengan rumah.

Lokasi yang strategis hukumnya wajib kalau ingin usaha toko sembakonya sukses. Berikut ciri-ciri lokasi yang strategis untuk toko sembako:

1.Berada di pinggir jalan utama dan akses utama penduduk

2.Berada di pemukiman padat penduduk dari berbagi kalangan mulai dari karyawan, pegawai hingga wiraswasta.

3.Dekat dengan sekolah, pasar, Masjid, perkantoran.

4.Akses jalan lebar dan kondisinya bagus sehingga mudah dijangkau konsumen maupun pemasok sembako.

5.Keamanan terjamin

Tempat yang aman dari tindak kejahatan atau kriminalitas menjadi faktor penting karena akan membuat konsumen nyaman saat berbelanja. Umumnya jika toko lokasinya berdekatan dengan layanan masyarakat seperti kantor kelurahan, bank, rumah sakit atau puskesmas akan aman.

Hindari memilih lokasi yang sepi atau belum banyak penduduknya atau lokasinya terpisah dari pemukiman penduduk.

3.Harga murah

Konsumen kalau sudah mendengar kata murah umumnya akan tertarik untuk berbelanja. Demikian pula untuk harga sembako, selisih 500 rupiah saja akan di kejar. Apalagi sembako seperti beras atau telur biasanya konsumen mencari harga yang murah.

Harga murah sangat identik dengan pengambilan keuntungan yang kecil sehingga harga jualnya lebih murah dari harga pasaran. Prinsip bisnis dari penerapan harga murah ini adalah untung tipis tapi lakunya banyak.

Perlu kejelian dalam menerapkan harga murah pada sebuah barang tidak semua barang cocok jika harganya murah. Rahasianya adalah terapkan harga murah pada barang-barang yang paling sering dicari konsumen contohnya beras, telur ayam,mie instan, minyak goreng, gas LPG, gula pasir.

4.Barang lengkap

Toko sembako yang manarik itu bisa dilihat dari kelengkapan barangnya, semakin lengkap semakin baik bila perlu barang-barang yang jarang dicari juga ada contohnya jarum, arang, perangkap tikus, pancing.

Kelengkapan barang bisa menjadi daya tarik saat konsumen berbelanja , bisa saja karena melihat barang yang menarik akhirnya membeli padahal awalnya tidak berniat membeli.

Toko sembako yang besar dan lengkap barangnya akan memunculkan persepsi kalau toko besar itu harganya murah dibandingkan dengan toko yang kecil.

5.Kualitas barang terjamin

Apa jadinya ketika ada konsumen yang membeli telur ayam tapi setelah sampai dirumah ternyata telurnya ada yang busuk? Konsumen bisa kapok berbelanja lagi. Itulah mengapa kualitas barang bisa menjadi kunci sukses usaha toko sembako.

Pastikan dan selalu cek setiap ada pasokan barang kualitas barangnya 100% bagus mulai dari fisik kemasannya, aromanya atau tanggal kadaluarsanya. Jika memang ada yang rusak segera tukarkan atau simpan dulu jangan dijual.

Untuk barang dari pabrikan dengan kemasan mungkin cukup  mudah untuk mengecek kualitasnya bagaimana dengan barang bukan pabrikan seperti beras, telur, minyak curah, gula merah?

Anda harus banyak mencari informasi bagaimana cara mengetahui kualitas barang-barang tersebut sebagai contoh telur, kulitnya harus bersih, mulus, warnanya kecoklatan, aromanya fresh.

6.Stok barang terjaga

Pelanggan merupakan aset yang berharga bagi sebuah toko sembako karena tidak mudah mencari pelanggan untuk itu selalu jaga pelanggan anda jangan sampai pindah ke toko lain salah satu caranya dengan selalu menjaga stok barang khususnya untuk barang-barang yang paling laku.

Jangan sampai saat pelanggan butuh tapi stoknya habis. Akibatnya pelanggan Anda akan belanja ke toko lain. Hal ini cukup beresiko jika harga atau pelayanan di toko lain lebih murah atau lebih baik, bisa–bisa lama kelamaan pindah belanjanya.

Selalu cek stok barang, jika memang stoknya mau habis segera belanja jangan menunggu sampai habis baru belanja. Khusus untuk barang-barang yang lakunya cepat, stoknya bisa ditambah 2 x lipat. Misalnya beras 1 karung habis dalam waktu seminggu maka sediakan setidaknya 2 karung beras.

Baca juga : Toko Kelontong, Usaha Menjanjikan ditengah Modernisasi

7.Pasokan barang langsung distributor resmi

Harga murah tak bisa lepas dari peran distributor barangnya semakin pendek distributor barang maka harga yang akan didapatkan semakin murah. Usahakan selalu mendapatkan pasokan sembako dari distributor resmi.

Distributor resmi merupakan distributor yang ditunjuk produsen untuk memasarkan produknya contohnya Indomarco memasarkan produk dari Indofood atau Arta boga memasarkan produk dari Orang Tua.

Dengan mendapatkan barang dari distributor resmi maka harga yang didapatkan juga resmi dari perusahaan atau sudah jelas. Jika barangnya bukan produksi pabrik minimal mendapatkan langsung dari pihak pertama misalnya beras dari pabrik peggilingan beras atau telur ayam langsung dari peternakan.

Semakin panjang rantai distribusinya otomatis harga yang anda dapatkan semakin mahal dan bepengaruh pada harga jualnya.

8.Tempat belanja nyaman

Perhatikan kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Toko boleh penuh barang tapi jangan lupakan keleluasaan konsumen dalam berbelanja. Usahakan ada area yang cukup untuk konsumen masuk ke toko anda atau jika memang toko sedang ramai tidak berdesak-desakan.

Usahakan konsumen terhindar dari panas matahari atau terkena hujan sehingga saat menunggu tetap nyaman. Bila perlu sediakan kipas angin. Contohlah minimarket ternama yang menyediakan atau dan kursi untuk konsumen.

9.Pelayanan bagus

Usaha toko sembako tidak hanya memikirkan harga yang murah tapi pelayanan yang bagus juga wajib diperhatikan, Harga murah tidak akan berarti jika tidak didukung dengan pelayanan yang bagus. Bentuk-bentuk pelayanan yang bagus contohnya ramah saat melayani pembeli, sabar melayani pembeli meski rewel, tidak salah saat menghitung, tidak ketinggalan barangnya.

Salah satu bentuk pelayanan yang cukup membantu konsumen adalah layanan antar. Jika memungkinkan sediakan layanan antar ini terutama untuk barang-barang yang berat contohnya air kemasan galon, minuman kemasan dus.

10.Ketersediaan alat transportasi

Pasokan barang tidak bisa hanya mengandalkan pasokan dari distributor resmi, Anda terkadang harus mencari sendiri barang kebutuhan toko apalagi jika toko anda banyak item barangnya.

Alat transportasi seperti motor atau mobil sangat membantu dalam mendapat barang-barang tersebut yang terkadang lokasinya jauh.

Biasanya untuk barang yang tidak biso diperoleh dari distributor resmi harus belanja ke toko grosir atau agen dimana setiap agen tidak selalu sama harga barangnya ada yang murah ada yang mahal, ada yang lengkap ada yang tidak sehingga mau tak mau harus mencari yang murah dan lengkap. Itulah mengapa dibutuhkan alat transportasi.

Alat transportasi juga sangat dibutuhkan untuk layanan antar.

11.Penataan barang menarik

Toko sembako yang terlihat penuh barangnya dan penataannya bagus akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Konsumen akan berpikir kalau toko yang penuh berarti tokonya komplit dan harganya murah. Bebeda dengan toko yang terlihat kosong, konsumen akan menyangka tokonya kecil.

Atur sedemikian rupa hingga semua barang bisa terlihat, baik yang dipajang dietalase, rak, gantungan atau showcase pendingin. Usahakan barangnya terlihat penuh tidak ada jarak antara barang yang satu dengan yang lain penempatannya. Pajang semua stok barang jangan sampai cuma disimpan didalam yang tidak terlihat pembeli.

12.Kebersihan lingkungan

Jangan lupakan kebersihan toko dan lingkungan sekitar toko karena menyangkut kesehatan dan yang dijual sebagian adalah makanan. Hindari sampah yang menumpuk atau yang menimbulkan bau seperti telur busuk atau sampah rumah tangga.

Pastikan toko dalam keadaan bersih baik barangnya ataupun peralatannya. Rajin-rajinlah membersihkan debu yang menempel pada barang jangan sampai menebal. Jika didepan toko ada selokannya selalu bersihkan jangan sampai macet.

13.Maksimalkan teknologi

Teknologi semakin hari semakin maju dan cukup membantu untuk kelancaran dalam berbisnis temasuk toko sembako. Manfaatkan semaksimal mungkin teknologi untuk mempermudah dalam transaksi atau pemasaran.

Teknologi yang cukup membantu salah satunya adalah kalkulator yang berguna sekali untuk menghitung. Selalu gunakan alat hitung ini saat transaksi meski anda pintar menghitung karena namanya juga manusia kadang salah.

Jangan remehkan alat detektor uang palsu apalagi jika toko anda ramai pembeli. Jika toko sembako anda skalanya sudah besar misalnya grosir tak ada salahnya anda menggunakan software kasir sehingga proses transaksi lebih cepat walaupun tidak seperti supermarket tapi  minimal saat menghitung menggunakan komputer dan ada struk.

Gunakan media sosial seperti grup jual beli atau grup whatsapp untuk mempromosikan barang. Lakukan promosi secara rutin sehingga toko anda semakin populer didunia maya.

Penutup

Demikianlah informasi seputar rahasia usaha toko sembako yang sukses mulai dari modal hingga penggunaan teknologi. Semoga bisa membantu Anda yang ingin merintis usaha di bidang sembako.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *