10 Cara Menjadi Content Writer Profesional Handal

Cara Menjadi Content Writer

10 Cara Menjadi Content Writer Profesional Handal – Dari menulis bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Ini adalah sebuah Fakta. Penulis itu dibedakan dari jenis tulisan yang dibuatnya. Ada yang Fiksi ada pula yang non Fiksi. Pada kesempatan kali ini lebih fokus membahas penulis artikel non fiksi atau lebih khusus lagi content Writer.


Profesi Content Writer tugas utamanya membuat konten artikel untuk media sosial, blog, website atau brand. Seorang content writer harus siap membuat konten dengan topik yang sesuai permintaan klien. Penghasilan dari profesi ini cukup menjanjikan mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per konten.


Kualitas konten menjadi nilai jual, semakin bagus kualitasnya harganya akan semakin mahal. Biasanya didunia content writer ada tingkatan/grade penulis mulai dari tertinggi A, B dan C.


Cara Menjadi Content Writer

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan Jika ingin menjadi seorang Content Writer profesional handal bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini.

1. Pahami Tata Bahasa.

Tata bahasa perannya cukup penting karena artikel Anda akan dibaca oleh banyak orang. Dengan menerapkan bahasa yang baku sesuai dengan EYD maka artikel Anda akan mudah dicerna. Pastikan selalu merujuk ke KBBI pada pemilihan kata. Hindari pemilihan kata yang tidak baku.

Hal tabu bagi penulis salah satunya Typo atau salah ketik. Jika sampai terjadi maka akan mempengaruhi kredibilItas Anda sebagai seorang content writer. Perhatikan juga dalam Pemilihan kata, Pilihlah kata yang mudah dicerna dan lebih ringkas.

 2. Pahami sistem penulisan

Artikel yang bagus bukanlah sebuah tulisan yang sembarangan tapi harus merujuk pada sistem penulisan sehingga artikelnya bernilai. Kumpulkan bahan sebanyak-banyaknya sebelum mulai menulis sehingga artikel yang Anda memiliki nilai lebih. Pahami juga jenis-jenis tulisan seperti eksposisi, narasi, persuasi atau deskripsi. Penulis wajib memahami komponen atau struktur tulisan sehingga artikel yang anda tulis lebih sistemastis.

3. Asah kemampuan menulis.

Menulis merupakan ketrampilan sehingga harus selalu diasah kemampuannya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membaca buku kepenulisan, ikut kelas menulis atau ikut webminar. Jika Anda ikut kelas pelatihan dilembaga yang kredibel dan mendapatkan sertifikat akan menjadi nilai lebih bagi Anda dimata klien. Contohnya saya mengambil kelas di Skill Academy dengan mentor yang ahli dibidangnya.

Semakin terasah kemampuan menulis maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah artikel semakin cepat. Seorang content writer profesional mampu menulis sebuah artikel hanya dalam tempo 1 jam.

Baca juga: 5 Pekerjaan Online yang menghasilkan uang untuk pemula

4.Pahami genre tulisan sebanyak-banyaknya

Diinternet terdapat banyak website dengan topik atau niche yang bermacam-macam ada yang membahas bisnis, teknologi, kesehatan, pendidikan, elektronika, traveling, blogging dan masih banyak lagi. Tentunya Anda tidak mau dong ketika ada klien yang memesan artikel lalu Anda menolak dengan alasan Anda tidak menguasi topiknya.

Kuasai berbagai topik artikel dan perlu Anda catat menguasai topik tertentu bukan berarti anda harus ahli dibidang tersebut cukup memahaminya itu sudah cukup salah satu caranya dengan banyak membaca buku atau menonton video.

Meskipun demikian Anda perlu juga ahli didalam satu atau dua bidang yang nantinya bisa Anda jadikan topik andalan yang akan Anda tawarkan diklien. Keahlian ini bisa Anda dapatkan dari pendidikan, kursus atau hobi.

5.Pelajari artikel penulis lain

Otak itu akan menyimpan informasi dari segala sesuatu yang Anda baca makanya sering-seringlah Anda membaca artikel penulis lain. Dari sanalah Anda akan semakin mengetahui jenis-jenis tulisan yang menarik, sudut pandang tulisan serta gaya penulisan penulis lain. Tentu bukan untuk ditiru tapi tapi dijadikan referensi.

Gaya penulisan merupakan ciri khas dari setiap penulis jadi Anda juga harus punya gaya penulisan sendiri. Anda bisa membaca artikel dari blogger nusantara yang tergabung dalam situs Kompasiana

6.Rajin Menulis

Kemampuan menulis akan semakin meningkat jika rajin menulis sebagai contoh jika tadinya seminggu cuma bisa menulis 1 artikel lama-lama bisa menulis 3 artikel. Buatlah target-target kecil setiap hari mulai dari yang termudah kemudian ditingkatkan terus misalnya sehari harus bisa menulis artikel 200 kata setelah terbiasa tingkatkan lagi jumlah katanya.

7.Hindari Merasa sempurna

Merasa tulisannya sudah sempurna itu tidak baik karena justru akan membuat Anda terlena sehingga tidak berusaha meningkatkan kemampuan menulis padahal bisa saja sistem penulisan sudah berkembang sehinga sistem penulisannya perlu diperbaharui.

Asah terus kemampuan menulis dengan membaca buku, ikut kelas menulis, webminar atau kompetisi menulis. Cari hal-hal baru yang bisa membuat artikel Anda out of the box sehingga tidak terkesan monoton.

8.Terbuka Menerima Kritik

Terbukalah menerima kritik dari siapapun entah dari penulis pemula atau penulis senior. Anggap semua kritik itu membangun yang akan membuat Anda terpacu untuk menjadi yang lebih baik. Jangan  malu untuk meminta pendapat kepada orang lain tentang artikel Anda.

Dengan seringnya menerima kritik akan membuat Anda tidak mudah merasa puas dengan tulisan Anda saat ini.

9.Bagikan Artikel Anda

Tak ada salahnya Anda bagikan artikel Anda, apalagi sekarang ini sangat mudah melakukannya bisa melalui facebook, twitter atau WhatsApp. Lihat bagaimana interaksi pembaca misalnya jumlah like, komentar atau yang membagikan. Dari situ Anda bisa tahu apakan Artikel yang Anda bagikan bisa menginsiprasi, memberikan imajinasi membuat pembaca berpikir kritis.

Nantinya hasil interaksinya bisa dijadikan patokan untuk membuat artikel selanjutnya sehingga artikelnya lebih menarik.

10.Bergabung dengan komunitas Penulis

Cara menjadi content writer profesinal yang satu ini cukup mudah, cukup bergabung dengan komunitas penulis misalnya digrup facebook, WA atau telegram. Disana Anda bisa sharing artikel, meminta kritik atau saran. Melalui grup juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan job menulis artikel. Semakin banyak Anggota tentunya semakin baik karena banyak informasi yang akan Anda dapatkan.

Penutup

Menjadi seorang content writer profesional handal butuh proses yang panjang namun dengan mengikuti tutorial cara menjadi content writer profesional handal diatas prosesnya akan menjadi semakin mudah.